125 Jum'at, 13 Februari 2015 | 13:20:27

Bangun Rumah Lewat Ide Partisipatif

Bangun Rumah Lewat Ide PartisipatifKompas

Di Meksiko sebuah keluarga membangun tempat tinggalnya dari batu beton , rumah ini di desain dan di bangun oleh si pemilik sendiri akan tetapi melalui bantuan sebuah perusahaan arsitektur non-profit S-AR.

Perusahaan arsitektur non-profit S-AR adalah sebuah perusahaan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan akan perumahan dengan harga ataupun biaya yang terjangkau namun tetap dengan kualitas yang baik.

Sebuah keluarga di Meksiko membangun rumah melalui bantuan dari perusahaan arsitektur non-profit S-AR ini, untuk biaya keseluruhan proses kontruksinya hanya menghabiskan biaya sebesar 11.600 dollar atau senilai dengan Rp 147 juta.

Organisasi non-profit ini mempunyai tujuan diantaranya adalah untuk mengambil manfaar dari arsitektur yang ada lalu diberikan kepada orang-orang yang memiliki keterbatasan ekonomi. Mereka yang ingin menggunakan jasa dari  Organisasi non-profit ini di berikan kebebasan untuk membangun sendiri rumah yang mereka idamkan, demikian menurut sang arsitek dari Comunidad Videx.

Pada dasarnya setiap keluarga memiliki selera  dan ciri khas tersendiri, oleh sebab itulah organisasi non-profit ini memberikan kebebasan kepada mereka untuk membangun rumahnya sendiri.

Dalam hal ini organisasi non-profit hanya mengerjakan proyek atas saran-saran dari mereka agar mereka merasa menjadi bagian dari pembangunan rumah mereka sendiri, sedangkan desain nya di dapat dari gabungan antara keluarga dengan pihak organisasi non-profit. Bahan bangunan yang di pilih untuk membangun rumah juga sederhana.

Keluarga-keluarga yang hendak membangun rumahnya melalui jasa arsitektur non-profit ini biasanya di berikan pelatihan terlebih dahulu. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan ilmu serta meningkatkan kemampuan bagi mereka sehingga dapat bermanfaat untuk modal kesempatan kerja bagi mereka di masa yang akan datang.

Sebagai contoh, sebuah rumah yang memiliki luas 110 meter terdiri dari 2 lantai . Pada lantai bawah terdapat ruang keluarga, ruang makan dengan diberikan jendela besar agar bisa melihat pemandangan taman yang ada di belakang rumah.Untuk kamar tidur utama ada di lantai bawah sedangkan dua kamar tidurnya di letakkan di lantai dua. Rumah sederhana yang di bangun dari hasil konsep partisipal ini cukup nyaman untuk ditempati oleh sebuah keluarga.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita