168 Selasa, 10 Februari 2015 | 12:13:56

Kualitas Halte Bus Di Rotterdam Belanda

Kualitas Halte Bus Di Rotterdam Belandakompas

Belanda merancang tiga hakte bus di Rotterdam, Belanda dengan menggunakan atap baja tertipis di dunia. Kanopi yang berukuran 5 – 10 meter, halte ini memiliki atap baja yang berukuran sangat tipis yakni  9,5 milimeter.

Halte ini di rancang secara fokus dan berkualitas oleh Maxwan seorang studio arsitektur yang berasal dari Belanda. Halte hasil rancangannya di beri nama Pillow and Hammock, dinamakan demikian karena halte tersebut di rancang dengan menggunakan empat kolom datar baja. Rancangan yang berpola satu lengkungan ke atas kemudian ke bagian tengah dan busur lainnya ke bagian bawah. Dengan demikian jika kita memperhatikan pola ini maka akan teringat pada arah bertiupnya angin.

Pola yang berbentuk demikian sangat membantu di dalam pembuatan kanopi yang lebih terstruktur dan sangat memungkinkan untuk menggunakan atap baja yang tipis dan menarik. Halte Pillow and Hammock  dapat menampung sekitar 40 orang yang hendak menunggu bus.

Warna merah muda pastel sengaja di pilihkan sebagai pelapis warna dasar pada atapnya, warna merah muda pastel juga sangat memperkuat konsep bertiupnya arah angin. Kehadiran Pillow and Hammock, merupakan suatu perbaikan mengenai sistem jalur transportasi serta untuk meningkatkan kualitas stasiun di Amsterdam, Den Haag, Utrecht dan Rotterdam.

Pada saat ini halte yang di butuhkan di Rotterdam, Belanda adalah  sekitar 16 halte bus yakni di peruntukan untuk  memberikan pelayanan di terminal baru, oleh karena itu Maxwan membuatkan dua helte yang memiliki kapasitas 40 orang dan tentunya dengan jumlah anggaran yang sama.

Menurut Maxwan, jika kita ingin menciptakan suatu lingkungan yang berkualitas maka sangat erat kaitannya dengan transportasi umum oleh karena itu pembangunannya jangan hanya terbatas pada stasiun itu sendiri.

Sumber : kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita