275 Sabtu, 07 Februari 2015 | 11:03:09

Frank Gehry Raja Arsitektur Dunia Bicara Melalui Jari

Frank Gehry  Raja Arsitektur Dunia Bicara Melalui Jarirasioaustralia

Frank Gehry, pernah mendapat kecaman dunia karena mengacungkan  jari tengahnya kepada jurnalis Spanyol pada Oktober tahun 2014 lalu, kini Frank Gehry mulai bicara lagi melalui jari-jarinya akan tetapi bukan lagi jari tengah yang digunakannya melainkan kedua jempolnya.

Frank Gehry, memberikan dua jari jempolnya kepada Peter Cosgrove Gubernur Jenderal Australia, pada saat peresmian gedung Dr Chau Chak Wing di sekolah bisnis University of Technology Sydney (UTS). Dua jempol yang diberikan Frank Gehry kepada Dr Chau Chak Wing adalah sebagai isyarat bahwa gedung Dr Chau Chak Wing sangat bagus.

Menurut Frank Gehry, bangunan itu menjadi menarik karena tergencet kantong kertas cokelat jadi bangunan tersebut adalah bangunan yang paling indah yang pernah dilihatnya. Frank Gehry dikenal sebagai Raja Arsitektur Dunia, semua karyanya sangat di tunggu-tunggu, bukan hanya itu gaya bicara Gehry yang kontroversial pun sangat di sukai publik.

Walaupun usia Frank Gehry sudah tak muda lagi yakni 85 tahun namun Gehry merupakan idola para arsitek muda. Publik dan para kritikus arsitek pun menilai bahwa semua karya-karya Gehry sangat berbeda dengan karaya-karya arsitek lainnya, karya Gehry sangat ikonik dan orisinal, dalam hal ini Gehry mampu memberikan sebuah karya yang tak pernah ketinggalan zaman. Karya Frank Gehry yang fenomenal adalah sebuah museum Guggenheim, di Bilbao, Spanyol yang diresmikan pada tahun 1997 .

Warga Australia berharap agar gedung UTS dapat dijadikan gedung terunik serta dapat mengangkat nama pendidikan Australia di abad ke -21. Sebuah visi yang diberikan Gehry melalui kurva organic bangunan rancangannya dapat memberikan kehidupan dalam beraktifitas. Salah satu yang menarik adalah sebuah ruang oval dimana setiap orang yang duduk di meja pertemuan ruang oval akan dapat merasakan bahwa hirarki itu tidak ada.

Menurut Gehry, jika geometri menilai bahwa seseorang untuk tidak menyentuh titik elips, maka sebaliknya seorang  aristektur dapat memberikan kreatifitasnya serta dapat mendorong nilai-nilai demokrasi.

Gehry adalah seorang arsitek yang sangat kharismatik sehingga Gehry banyak disukai orang dan mendapat julukan Raja Arsitektur Dunia.

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita