158 Selasa, 03 Februari 2015 | 10:53:27

Gedung Tertinggi Hasil Cetakan Tiga Dimensi di Tiongkok

Gedung Tertinggi Hasil Cetakan Tiga Dimensi di Tiongkokciputra

Tiongkok adalah negara yang selalu menciptakan hal-hal baru dan spektakuler, jadi bukan Tiongkok namanya jika tidak mampu menciptakan sesuatu yang baru dan dapat membuat semua orang berdecak kagum.

Pada tahun 2014 yang lalu, Tiongkok mampu membangun sepuluh rumah dengan waktu kurang dari 24 jam, dan pada tahun ini 2015 seorang Decoration Design Engineering Co, Winsun asal Tiongkok melalui perusahaan propertinya mampu membangun properti yakni gedung tertinggi di dunia dengan menggunakan cetakan tiga dimensi.

Teknologi cetak tiga dimensi ini di perluas lagi dengan mempresentasikan sebuah villa dengan luas 1.100 meter dan di perindah dengan desain  ruang interior dan eksterior pada bangunan villa tersebut.
Hasil cetakan tiga dimensi itu di pamerkan di Suzhou Industrial Park di provinsi Jiangsu, Tiongkok, hal ini dapat membuktikan suatu potensi dan kemampuan didalam mengklasifikasikan suatu bangunan dengan memiliki karakteristik yang lebih tradisional, sehingga sangat cocok jika di peruntukkan untuk pembangunan di berbagai area.

Winsun dapat mencetak bagian-bagian besar bangunan dengan menggunakan cetakan yang berukuran setinggi 6,6 meter samapai 10 meter yang kemudian dirakit secara bersamaan seperti mendesain beton prefabrikasi dan pembentukakn itu melalui lapisan tinta yang berasal dari campuran  serat kaca, baja, semen, bahan pengeras, serta limbah konstruksi daur ulang untuk menciptakan bangunan akhir.

Bangunan ini tergolong aman karena memiliki integritas yang baik yaitu dari segi arsitekturnya maupun dari segi desainnya dan kedua bangunan ini sangat sesuai dengan standard nasional akan tetapi untuk standard nasional secara khusus yang di peruntukkan untuk  arsitektur pencetakan tiga dimensi memang tidak ada  oleh Karena itu perlu di adakan revisi ataupun perbaikkan mengenai standard tersebut, demikian yang disampaikan Kepala Teknisi Biro Teknik Konstruksi Tiongkok No. 8.

Metode yang digunakan WinSun adalah metode kontruksi kering sehingga didalam pengerjaannya sangat menghemat waktu namun tetap pada kualitas yang baik.

Villa dengan hasil cetakan tiga dimensi ini di tawarkan dengan harga 161 ribu dollar AS atau senilai dengan Rp 2,048 juta dan villa ini telah di lirik dan di pesan oleh perusahaan Taiwan yakni Tomson Group. Masih ada 10 set villa lagi yang telah di siapkan oleh WilSun dan siap untuk di pasarkan.

Pemerintah Mesir telah memesan rumah fabrikasi yang di perkenalkan WilSun melalui pameran tersebut dan ada sebanyak 20 ribu unit yang telah dipesan, pembuatan rumah fabrikasi ini hanya memakan waktu selama satu hari.

WinSun akan membentuk WinSun Global guna untuk mendukung rencana masa depannya yakni untuk memperluas banguann dengan menggunakan cetakan tiga dimensi di luat wilayah percobaan konstruksi. Pengumuman mengenai rancangan kontrak tersebut telah di tanda tangani. Kerjasama yang akan dilakukannya dengan perusahaan Amerika tentunya akan semakin memperluas jaringan bisnis di dunia. Kerjasama tersebut mempunyai tujuan yakni untuk menciptakan sebuah hunian yang murah dan efisien untuk keluarga yang berpenghasilan rendah.

Sumber: Kompas

 

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita