117 Senin, 02 Februari 2015 | 11:30:26

Villa Berkonsep Islami Di Singapura

Villa Berkonsep Islami Di Singapurarilek1corner

Majelis Islam di Singapura (MUIS) resmi mengeluarkan villa berkonsep islami pada hari Sabtu (31/1/2015), villa ini merupakan properti islami yang pertama dan merupakan perdana yang kemudian di kembangkan ke negeri jiran.

Proyek yang bertajuk Alias Villas ini berdiri di lahan wakaf yang berlokasi di Jalan Haji Alias, Singapura. Proyek pembangunan properti ini direncanakan akan selesai pada tahun 2017 yang akan datang dan MUIS memberikan jangka waktu untuk sewa proyek tersebut selama 99 tahun.

Alias Villas ini berdiri diatas tanah wakaf. Dan pengertian dari wakaf itu sendiri menurut Islam artinya pemanfaatan suatu lahan yang telah di wariskan oleh seorang muslim dan untuk dipergunakan atau dimanfaatkan oleh orang banyak.

Tanah wakaf yang di wariskan untuk di dirikan Alias Villas dan beserta masjid yang telah berdiri di samping Villa tersebut diberikan pada tahun 1905 sedangkan untuk masjidnya sendiri yakni masjid Al Huda telah berusia 110 tahun. Masjid Al Huda saat ini sedang dilakukan perbaikan dan perubahan dengan biaya yang dikeluarkan sekitar 1,1 juta dollar AS , dana tersebut akan diganti dari hasil penjualan vila-vila Alias Villas.

Menurut, Menteri Urusan Muslim Singapura, Yaacob Ibrahim, konsep  ini adalah sebuah konsep yang baik dimana sebuah masjid yang telah di wakafkan dan dengan sebidang tanah dapat menjadi manfaat bagi orang banyak dan menjadi sumber pendapatan bagi masjid dan para ahli waris.

Yaacob Ibrahim, menambahkan bahwa telah menjadi tugas MUIS untuk meningkatkan nilai aset pada tanah wakaf tersebut serta memaksimalkan potensi dari tanah wakaf tersebut yang pada akhirnya dapat bermanfaat bagi masyarakat. Dengan berdirinya Alias Villas secara tidak langsung dapat membantu penghasilan masyarakat setempat dan dapat merawat masjid yang telah di wakafkan yakni masjid AL Huda serta untuk memenuhi biaya-biaya yang diperlukan untuk kegiatan keagamaan di dalam masjid Al Huda.

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita