212 Kamis, 22 Januari 2015 | 11:48:38

Rumah Beratapkan Panel Solar

Rumah Beratapkan Panel SolarKompas

ZEB Pilot House di Larvik Norwegia, telah membuktikan bahwa sebuah rumah yang bebas emisi dapat memproduksi energinya sendiri. Snohetta bekerjasama dengan Research Center on Zero Emission Building telah merancang rumah yang beratapkan panel solar.

Dengan atap panen solar, ZEB dapat memproduksi listriknya secara madiri, yaitu dengan cara mencondongkan atap panel solar hingga mencapai sudut 19 derajat ke arah tenggara kemudian setelah mendapat serapan dari cahaya matahari lalu dikonversi menjadi listrik.  Daya listrik yang dihasilkan dari cara tersebut tak tanggung-tanggung dapat menjalankan sebuah mobil elektrik hingga mencapai 12.500 mil.

Anne Cecilie Heug, arsitek pemimpin proyek ZEB Pilot House mengatakan bahwa posisi optimal untuk melakukan sebuah serapan cahaya pada matahari harus mencapai sudut 45 derajat. Namun, hal ini akan membuat tampilan bentuk yang lucu pada rumah serta akan mengalami kesulitan pada saat pembuatan.

Menurut Haug, meskipun atap telah dicondongkan masih dapat di modifikasi serta dapat memberikan aplikasi dengan orientasi yang berbeda. Misalnya, di Australia, kebanyakan rumah harus di condongkan ke arah Utara.
Pada waktu-waktu tertentu setiap harinya, bangunan-bangunan dengan fungsi yang berbeda dapat memanfaatkan bentuk atap panel tersebut.

Haug juga menambahkan, pada umumnya di gedung-gedung perkantoran lebih banyak menggunakan listrik di Siang  hari dimana kebanyakan orang menjalankan komputer mereka pada jam-jam kerja yakni siang hari, sehingga di gedung perkantoran ingin mendapatkan lebih banyak listrik pada jam-jam kerja. Dengan menggunakan atapkan Panel solar ini di nilai paling efisien karena energi solar sangat efisien ketika dipakai langsung atau pada saat sedang memproduksi  listrik.

Snohetta sangat berhati-hati dalam memasukkan seri organik sebagai bahan ZAB, karena rancangan yang dibuatnya ini di tujukan untuk masyarakat, kendati demikian tetap akan mendapatkan sentuhan hemat energi di dalamnya.

Haug menjelaskan bahwa rumah ini adalah rumah teknologi tinggi namun dalam pekerjaannya dilakukan seperti di rumah sendiri.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita