236 Selasa, 20 Januari 2015 | 10:18:55

Apartemen Kosong Di lelang Di Singapura

Apartemen Kosong Di lelang Di Singapurahomesmitula

Jumlah apartemen kosong terus meningkat di Singapura, hampir sekitar 159 apartemen telah dilelang pada tahun lalu. Jumlah ini meningkat jika di lihat dari jumlah apartemen kosong di tahun 2013 yaitu sebanyak 32 apartemen kosong.

Berdasarkan data yang di ambil dari Colliers International, menjelaskan bahwa kondisi pasar apartemen yang kian melemah dan adanya peningkatan biaya-biaya seperti bea materai dan pajak, juga adanya peraturan yang ketat mengenai pengkreditan.

Jumlah eskpatriat atau seseorang yang tinggal sementara maupun menetap di negara tersebut adalah merupakan salah satu pasar terbesar apartemen Singapura namun mengalami penurunan yang sangat tajam dikarenakan ketatnya kontrol dari pihak imigrasi. Dan sebaliknya yang terjadi pada pasokan apartemen yang telah direncanakan beroperasi pada dua tahun mendatang justru mengalami pelonjakan yang sangat tajam.

Berdasarkan hal tersebut dapat dilihat bahwa laju pertumbuhan pasok lebih besar jika dibandingkan dengan permintaan. Hampir lima tahun pasar properti mendingin dan megalami lonjakan harga, jumlah apartemen di kota Singa tersebut banyak yang kosong. Akibat dari kekosongan ini sangat berpotensi pada kenaikkan harga dan mengakibatkan biaya sewa turun dratis.

Jumlah hunian pribadi yang kosong di Singapura mengalami peningkatan sebesar 7,1 persen dan  selama kuartal III ( Maret 2010) naik sekitar 4,6 persen, hal ini didapat berdasarkan data Urban Redevelopment Authority (URA).

Properti yang dilelang oleh pihak bank mengalami pelonjakan hingga 5 kali lipat. Hal ini terjadi akibat dari beberapa pemilik apartemen mendapat batasan pinjaman yang lebih ketat dari pihak bank dan pasar sewa yang lebih kompetitif hingga berujung pada kredit macet atau kegagalan pembayaran.

Karena adanya pasar sewa yang kompetitif maka tentu saja hal ini sangat menguntungkan untuk para penyewa karena pemilik apartemen berlomba-lomba untuk memberikan service yang baik untuk para penyewa agar apatemennya tetap terisi. Sang pemilik apartemen juga menyetujui untuk membagi biaya renovasi serta menambah aksen pada ruangan apartemennya yaitu dengan memberikan tirai dan lampu baru.

Sumber : kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita