278 Rabu, 07 Januari 2015 | 16:49:21

Teknologi Baru memprediksi Harga properti secara akurat

Teknologi Baru memprediksi Harga properti secara akurat

Bagi setiap pembeli rumah, adalah hal yang menyebalkan jika membeli rumah yang ternyata kemahalan. Begitu pun sebaliknya penjual rumah akan sangat kesal ketika menyadari rumahnya dijual dibawah harga sebenarnya. Tentunya agar hal ini tidak terjadi diperlukan penyeimbang atau referensi yang benar dan akurat mengenai harga rumahnya tersebut.

Sebuah aplikasi gadget baru di Australia, yaitu RealAs, mampu memperkirakan nilai sebenarnya dari sebuah properti. Dengan memakai algoritma tertentu, RealAs mengklaim mampu memprediksi nilai properti dengan tingkat akurasi hingga lima persen.

Direktur eksekutif Rowe mengatakan awalnya dia tidak percaya dengan produk yang dikembangkan oleh Universitas RMIT tersebut sampai kemudian dia mencobanya dalam sebuah lelang di daerahnya. Sebuah rumah yang dihargai $600.000, dan RealAs memprediksi harganya $680.000 dan terjual dengan selisih yang tidak jauh beda, yaitu $690.000.

Prediksi dari aplikasi tersebut berubah-rubah menyesuaikan dengan data pasar saat ini.

Kalpana Gee, Pejabat peruasahaan teknologi Westpac mengatakan RealAs akan bisa memberikan dampak baik tidak kepada pasar properti residen, namun pasar properti komersial pun bisa diaplikasikan. Hal ini akan mampu merubah cara kita melakukan bisnis real estate.

Saat ini RealAs baru bisa dipakai dalam perangkat IOS dan cakupan wilayah Australia saja, sedangkan untuk Android masih sedang dalam pengembangannya.

Prediksi harga properti di Indonesia
Khususnya untuk memperkirakan harga tanah di Indonesia, hal ini telah dikembangkan oleh portal PeluangProperti.com, khususnya daerah Jakarta dan Tangerang. PeluangProperti telah mampu memberikan nilai akurat mengenai harga tanah di kawasan Jabodetabek.

Harga tanah yang tercantum sangat detail dan dari kelurahan sampai kotamadya. Pengunjung hanya tinggal memilih daerah lokasi yang diinginkan dari Kotamadya, Kecamatan, sampai kelurahan, maka akan tampil daftar harga tanah di kawasan tersebut.

Dengan informasi ini, maka tidak lah sulit lagi untuk memperkirakan harga tanah di lokasi tertentu, hanya tinggal menambahkan dengan nilai bangunannya.

Sumber : SMH (Sidney Morning Herald)

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita