138 Selasa, 06 Januari 2015 | 17:25:45

Kota-kota Asia mendominasi daftar perkantoran termahal dunia

Kota-kota Asia mendominasi daftar perkantoran termahal duniaCentral District Hongkong - mountaintravelphotos

Sebagaimana pertumbuhan ekonomi di Asia yang semakin mendekati perekonomian Eropa, permintaan akan perkantoran di Asia juga terus meningkat. Hasilnya adalah beberapa kota besar di Asia seperti Hongkong, Beijing, Shanghai, Tokyo dan New Delhi mendominasi peringkat Area perkantoran termahal di dunia berdasarkan konsultan global CBRE.

Seperti yang dilansir dari businesstimes, riset yang dilakukan oleh CBRE tersebut menunjukkan bahwa kawasan West End London adalah lokasi termahal untuk menyewa perkantoran. Namun ternyata kawasan Asia-Pasifik menempatkan tujuh kota dalam daftar biaya kepemilikan perkantoran di kuartal ketiga 2014. Dalam laporannya juga disebutkan perusahaan yang menempati perkantoran tersebut bergerak dalam bidang teknologi, media dan telekomunikasi.

Sedangkan untuk kategori tingkat pertumbuhan tertinggi pada kuartal 3 2014 masih didominasi oleh kota-kota di Amerika Serikat. Kota Jakarta menempati urutan ke enam dalam tingkat pertumbuhan harga perkantoran dengan tingkat pertumbuhan 15,8 persen.

Pertumbuhan tahunan paling tinggi adalah secara berurutan adalah Dublin, Manila, Seattle, Kuala Lumpur, dan Singapura.

Dari 50 kawasan perkantoran termahal di dunia, tercatat 20 kota dari Asia-Pasifik, 20 kota dari EMEA (Eropa, Timur Tengah dan Afrika) dan 10 kota dari Amerika. Dari kelima puluh kota yang disurvey tersebut, setengahnya menunjukkan peningkatan harga sewa pada kuartal tiga 2014.

Secara global, tingkat persewaan perkantoran meningkat 2,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya dalam periode sama. Kota Amerika Serikat menyumbang pertumbuhan tertinggi sebanyak 4,1 persen diikuti Asia Pasifik sebanyak 2,8 persen.

Kawasan West End di London merupakan kawasan perkantoran termahal di dunia. Kawasan ini adalah area pusat kota London dimana lokasi rumah Walikota, pusat perbelanjaan, pusat bisnis, gedung pemerintahan berada di kawasan tersebut. Kemudian peringkat duanya adalah Central Distrik hongkong, dengan biaya untuk menyewa kantor sebanyak US$ 250,61 per tahun.

Sumber : businesstimes

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita