265 Selasa, 06 Januari 2015 | 13:11:12

Persaingan Jakarta dan Kuala Lumpur di Sektor Perhotelan

Persaingan  Jakarta dan Kuala Lumpur di Sektor PerhotelanMalaysia

Persaingan antara Jakarta dan Kuala lumpur Malaysia, bukan hanya di sektor pencakar langit akan tetapi pada sektor perhotelan juga, terutama hotel-hotel mewah bahkan supermewah. Antara Jakarta dan Kuala Lumpur terus bersaing ketat dalam sektor perhotelan.

Sejak tahun 2013, Badan Pariwisata mencatat terdapat 226 hotel yang beroperasi di Kuala Lumpur, hotel-hotel tersebut berdiri dengan berbagai kelas mulai dari ekonomi, menengah, mewah dan supermewah dengan jumlah kamar sebanyak 34.700 kamar.

Dalam waktu lima tahun ke depan, pasokan hotel mewah akan meningkat hingga 64% atau sekitar 2.300 kamar jumlah pasokan di tahun 2014.

Menurut data HVS, pipa pengembangan hotel akan semakin banyak dalam tahun-tahun mendatang. Pipa pengembangan hotel mewah dan supermewah ini sebagian besar terkonsentrasi di Kuala Lumpur City Centre (KLCC). Kuala Lumpur diharapkan menjadi rumah pertama di dunia bagi Harrods Hotel sebagai bagian dari proyek pengembangan terpadu Harrods.

Tingkat penghuni kamar hotel berbintang di Jakarta memang masih berada  di angka 60 persen hingga 70 persen.  Bahkan, menurut STR Global, TPK hotel berbintang di ibu kota per Oktober 2014 hanya mencapai  63,3 persen. Turun 10 persen dari kuartal yang sama tahun sebelumnya.

 Average Daily Rate (ADR) hotel di Jakarta tumbuh 5,6 persen. Pertumbuhan ADR juga terjadi dalam mata uang asing, yang melonjak hingga 17,7 persen atau senilai  64,38 dollar AS. Hal ini sekaligus menempatkan Jakarta berada di urutan ketiga terbaik di Asia Pasifik setelah Auckland dan Mumbai.

Dengan adanya pertumbuhan tersebut mendorong munculnya hotel-hotel baru. Cushman and Wakefield Indonesia,mencatat bahwa perkiraaan  sampai tahun 2018, akan  terdapat 36.000 kamar hotel baru dengan berbagai kelas.

Setelah berdirinya hotel Grand Hyatt, Mandarin Oriental, Kempinski, Luxury Collection, JW Marriott, dan The Ritz Carlton, kemudian kini muncul top brand  lainnya.
Jakarta pun kemudian menjadi incaran ekspansi bisnis jaringan hotel terkemuka dunia.

Dalam catatan Kompas.com, ada sembilan merek hotel supermewah baru yang akan "mengepung" Jakarta hingga 2018 mendatang, yaitu; Fairmont Jakarta, St Regis Hotels , Raffles Hotels , W Hotels, Rosewood Hotels , Langham Hotel , Waldorf Astoria Hotels , Sofitel  dan Westin Hotel.

Sumber: Properti Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita