280 Selasa, 16 Desember 2014 | 17:03:44

Kurang lahan lapangan, Sekolah ini buat lintasan di Atas Atap

Kurang lahan lapangan, Sekolah ini buat lintasan di Atas AtapSekolah dasar Tiantai - inhabitat

Ide menarik untuk menyiasati kekurangan lahan saat ini. Datang dari negara tirai bambu, China atau sekarang disebut Tiongkok. Di provinsi Zheijiang Tiongkok, terdapat sebuah sekolah dasar di Tiantai. Sekolah ini memiliki keunikan yang berbeda dengan sekolah lainnya, yaitu memiliki lintasan lari di atap sekolahnya.

Sekolah tersebut memiliki arena balap lari 200 meter di atap. Hal ini disebabkan tidak ada lahan yang tersisa untuk lintasan lari, oleh karena itu pihak sekolah memutuskan membangunnya di atas atap.

Dengan konsep lintasan di atas atap yang unik ini ternyata telah menerima pengakuan di seluruh dunia. Konsep ini mewakili Tiongkok di Venice Architecture Exhibition ke-14. Lintasan ini mampu memenuhi kebutuhan pendidikan jasmani bagi siswa di Sekolah tersebut.

Agar pengguna merasa aman, maka sekolah menggunakan tiga lapisan pelindung untuk menjaga para siswanya. Lapisan terluar adalah dinding kaca setinggi 1,8 meter, ditengah-tengah selebar 50 cm tali hijau, dan lapisan dalam setinggi 1,2 meter dinding stainless steel. Agar tidak terlalu erluar. Kemudian dinding setinggi empat kaki untuk melapisi dinding kaca terluar dan diantaranya sabuk hijau. Selain itu, dipasang juga kamera disekitar lapangan tersebut untuk mengawasi pengguna lapangan tersebut.

Proyek Sekolah dasar Tiantai ini merupakan hasil kreasi dari kantor arsitek LYCS Architectur. Dan Lintasan lari ini diresmikan pada bulan september lalu.

Sumber : dreamersradio, archdaily

 

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita