177 Rabu, 10 Desember 2014 | 18:56:02

Bangkitnya Properti Spanyol setelah terpuruk selama 6 tahun

Bangkitnya Properti Spanyol setelah terpuruk selama 6 tahunrumah-rumah di garis pantai spanyol -telegraph

Ketika bubble properti terjadi di Spanyol pada 2008, negara tersebut langsung mengalami krisis ekonomi sehingga jutaan orang kehilangan pekerjaannya. Hingga kini setelah lewat enam tahun, ratusan ribu gedung dan hunian masih ditinggal kosong.

Satu dekade sebelum terjadinya crash, Spanyol termasuk dari empat besar pemimpin ekonomi di Eropa. Negara tersebut secara massif membangun gedung-gedung dan hunian. Setiap tahunnya sebanyak 700.000 rumah didirikan antara tahun 2000 sampai terjadinya ledakan properti. Jumlah rumah yang ada bahkan melebihi dari akumulasi rumah di Inggris, Perancis dan Jerman.

Hampir 1,9 juta orang bekerja pada sektor properti sebelum krisis, dan saat ini sektor properti hanya mempekerjakan hanya sebanyak 700.000 pekerja.

Setelah melewati krisis tersebut, akhirnya pengembang mulai mempekerjakan lagi karyawan. Tercatat pada bulan november 10.000 lowongan untuk sektor ini dalam data ketenagakerjaan disana.

Javier Vaca, Pejabat pembangunan konstruksi Spanyol mengatakan optimis sektor konstruksi di Spanyol akan bangkit. Begitu juga dengan bank sentral spanyol menyatakan investasi dalam bidang konstruksi akan kembali dilanjutkan dalam beberapa bulan.

Pembangunan rumah masih akan dilanjutkan dikarenakan stok rumah yang berlebih tersebut bukan berada di area urban seperti di Madrid dan Barcelona. Permintaan hunian telah meningkat di kota ini diikuti oleh perkembangan ekonomi yang mulai berkembang juga.

Rumah-rumah yang tidak terjual itu sebagian besar berada di garis panjang spanyol, atau di kawasan yang biasanya ramai ketika liburan. Rumah tersebut diperuntukkan sebagai tempat tinggal kedua.

Berdasarkan Catalan Institute of Constrution Technology, Sektor properti spanyol diperkirakan turun sekitar 2,4 persen di 2014 dan akan kembali bersinar tahun depan. Hal ini adalah berita baik setelah beberapa lamanya anjlok.

Para investor asing juga mulai kembali berinvest di sektor tersebut. Seperti Carlos Slim, salah satu orang terkaya di dunia dari meksiko menyatakan akan berinvestasi sebanyak 650 juta euro (9,9 triliun).

Sumber : yahoonews

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita