1989 Selasa, 02 Desember 2014 | 10:15:45

Setelah Petronas Tower, Malaysia membangun Menara 118 Lantai

Setelah Petronas Tower, Malaysia membangun Menara 118 Lantaiskyscrapercity

Pembangunan pondasi KL118 Tower  telah dijanjikan oleh Permodalan Nasional Bhd (PNB), dimana Permodalan Nasional Bhd adalah  sebagai pengelola aset terbesar di Negara Malaysia, menegaskan bahwa pembangunan pondasi KL118 Tower akan selesai pada kuartal ketiga tahun 2015.

Menurut Presiden dan CEO PNB Tan Sri Hamad Kama Piah Che Othman, pembangunan pondasi sudah rampung sekitar  52 persen dan akan selesai pada kuartal ke tiga tahun 2015. Mengenai kontraktor utama pada kuartal sebelumnya akan diumumkan, karena untuk saat ini masih dalam tahap pra-kualifikasi.

Menara yang memiliki ketinggian 118 lantai, dan menghabiskan dana sebesar 5 miliar atau setara dengan Rp 17,9 triliun, yang sebelumnya bernama Warisan Merdeka itu banyak mengundang kontroversi.
Saat ini Petronas Tower, sebagai pencakar langit tertinggi berada di negeri Jiran. KL118 Tower berdiri setinggi 610 meter sedangkan Petronas Tower setinggi 451,9 meter. Jika KL118 Tower ini selesai kontruksinya maka akan mengalahkan rekor si kembar.

Dalam pertumbuhan pembangunan gedung tinggi di dunia , Signature Tower Jakarta direncanakan akan berdiri setinggi 638 meter dan akan menempati posisi ke 75 tertinggi. Sedangkan KL118 Tower akan berada di tempat ke 89 tertinggi di seluruh dunia.

Namun demikian, KL118 bergerak lebih cepat dalam pembangunan dan langsung mengubah statusnya menjadi under construction.  Sedangkan Signature Tower Jakarta masih dalam tahap penilaian dari Arsitektur Kota (TPAK) dan masih berstatus proposed.

Prasetyoadi Director PDW Architects, arsitek Signature Tower,  menjelaskan kepada Kompas.com, Minggu (30/11/2014),  bahwa semuanya sudah dilengkapi akan tetapi ada beberapa hal yang di sarankan TPAK untuk penambahan pada beberapa bagian desain sehingga ada beberapa desain yang harus di ubah. Hal ini menyangkut mengenai pengembangan berkelanjutan dan komitmen mengenai ramah lingkungan.

Sumber: ctbuh.org

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita