190 Senin, 24 November 2014 | 10:05:48

Paris Tolak Proyek Pencakar Langit

Paris Tolak Proyek Pencakar LangitTelegraph UK

Beda dengan negara-negara di Asia seperti Jakarta dan Shanghai yang justru seakan berlomba untuk membangun gedung pencakar langit yang tinggi untuk reputasi di bidang arsitektur dan pembangunan, Paris justru menolak proyek pembangunan pencakar langit di areanya.

Pekan laly, Dewan Kota Paris mengungkapkan penolakannya atas proyek pembangunan The Triangle Tower, gedung pencakar langit yang rencananya akan dibangun setinggi 180 meter. Proyek tersebut gagal dengan jumlah 83 suara yang menolak, karena jumlah suara pendukungnya hanya 78 suara.

Proyek tersebut ditolak karena adanya kasus perusakan lingkungan karena pembangunan menara perkantoran Montparnasse. Para anggota yang menolak pembangunan The Triangle Tower juga menilai bahwa nantinya, gedung 180 meter ini juga akan berdampak buruk bagi lingkungan, dan merusak rencana tata ruang kota Paris.

Gerakan penolakan ini bahkan sempat membanjiri berbagai jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook, yang didukung oleh banyak warga Paris sendiri.

Meskipun begitu, Anne Hidalgo, Wali Kota Paris, tetap akan melakukan gugatan pada hasil pemungutan suara tersebut. Karena Hidalgo menilai pemungutan suara yang dilakukan secara tertutup tersebut belum secara sah diputuskan dan tidak berlandaskan kekuatan hukum yang tetap.

Hidalgo juga berpendapat bahwa, "hukum yang ada belum dihormati. Semua suara yang diambil tersebut belumlah sah dan valid,"

Wali Kota yang berasal dari partai sosialis itu mendapat tentangan yang besar dari rivalnya saat bertarung memperebutkan kursi Wali Kota sebelum menjabat, Natalie Kosciusko-Morizet.

The Triangle Tower sendiri sebenarnya merupakan proyek gedung pencakar langit pertama di Paris sejak diadakannya pembatasan ketinggian bangunan maksmim 37 meter pada tahun 1970. Selain menara Eiffel yang mendunia, satu-satunya gedung dengan tinggi lebih dari 37 meter di Paris adalah menara Montparnasse yang melingkupi 1.973 ruang perkantoran.

Pesatnya perkembangan laju bisnis di Paris mendorong Bertrand Delanoe, Wali Kota sebelumnya, untuk menghapuskan peraturan tinggi batas maksimum bangunan. Sejak peraturan tersebut dicabut, mulai muncullah berbagai pencakar langit yang menghiasi kaki langit Paris, terutama di pusat bisnis La Defense.

The Triangle Tower yang dirancang oleh seorang arsitek ternama bernama Herzog dan de Meuron ini diperkirakan dapat menciptakan 5.000 lapangan kerja baru, dengan tinggi 180 meter yang melingkupi 43 lantai.

 

Sumber: Reuters, BBC

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita