186 Sabtu, 08 November 2014 | 12:22:14

Sydney Opera House Ramah Lingkungan dengan Pencahayaan Baru

Sydney Opera House Ramah Lingkungan dengan Pencahayaan Baruyahoo news

Pencahayaan ruangan yang kerap menjadi hal penting dalam tempat konser di gedung Opera House Sydney akhirnya diremajakan untuk waktu sekian lama. Pencahayaan tersebut bisa saja menjadi yang terbesar dalam sejarah gedung yang merupakan salah satu ikon Negara Australia tersebut.

Untuk pencahayaan ini dibutuhkan lebih dari sejumlah 355 lampu jenis LED yang dicocokan dengan desain peninggalan gedung. Lampu-lampu tersebut juga akan menyajikan kesan spektakuler bagi pertunjukkan atas panggung.

"Menurut saya unik untuk memiliki pencahayaan LED di salah satu tempat pertunjukan dunia paling top di dunia," ujar David Claringbold, Direktur Teater di Opera House.

"Bagi saya unik saat menggunakan pencahayaan LED di salah satu lokasi pertunjukan dunia paling terpopuler di dunia," menurut David Claringbold yang merupakan Direktur Teater di Opera House.

Kelompok Orkestra Simfoni Sydney ialah pemakai utama panggung tersebut dan mereka merasa, dibutuhkan pencahayaan yang dapat memberikan nuansa yang bersifat 'orkestral'.

Pada tiap lampu dapat diatur dengan warna-warna tertentu yang juga bisa menyorot atas, panggung, dan bagian penonton.

"Ketika para musisi naik ke atas panggung dan melakukan pertunjukkan, kami hendak menyajikan kesan ke penonton bahwa ini merupakan sesuatu yang spesial dantidak biasa," ucap Claringbold.

Memakan waktu sekitar dua tahun dalam memasang pencahayaan baru ini, pastinya ditengah ketatnya jadwal panggung beberapa even di Opera House. Dengan proyek anyar ini, kelak proses untuk perawatannya pun lebih simpel. Apapbila umumnya proses mengganti lampu perlu lima kali dalam atu tahun, saat ini hanya perlu diganti sembilan tahun sekali.

Dengan teknologi LED tersebut, tiap pencahayaan akan mempunyai waktu menyala lebih dari 50 ribu jam, jelas lebih lama dibandingkan lampu jenis biasa.

Bukan itu saja, teknologi teranyar ini pun diperhitungkan akan mampu penghematan biaya listrik hingga 75 persen, atau dalam nominal lebih dari 700 juta rupiah per tahunnya.

Diperhitungkan juga sejumlah 450 ton gas emisi efek rumah kaca yang terjadi akan tidak diproduksi paska memakai lampu yang lebih efisien serta ramah lingkungan.

P emerintah New South Wales rogram, juga memberikan award 'Green Globe Sustainability' atas pencahayaan baru di Opera House, karena dinilai mendukung efisiensi sebuah bangunan warisan nasional.

Sumber : jpnn

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita