154 Jum'at, 07 November 2014 | 16:16:34

Kuil Cao Dai Menyatukan Beragam Agama

Kuil Cao Dai Menyatukan Beragam Agamajadiberita

Jangan terkejut apabila Anda menyambangi sebuah kuil di Vietnam dan melihat tokoh-tokoh spiritual berpengaruh dalam sejarah yang dipuja secara serempak. Mulai dari Nabi umat muslim yaitu Nabi Muhammad SAW, Yesusu Kristus, Lao Tse, Sun Yat Sen, Joan D’Arc, Buddha, hingga Victor Hugo dihormati secara bersama-sama di kuil ini. Yaitu sebuah kuil yang dinamakan Kuil Cao Dai.

Kuil atau klenteng dengan desain spektakuler di Tay Ninh, yang berlokasi 90 kilometer daro Saigon tersebut adalah markas dari sebuah gerakan Cao Dai, Yaitu sebuah kepercayaan yang dibangun pada tahun 1926 dan pernah berkembang pesat di Vietnam. Seperti yang dilansir dariAtlas Obscura, pada hari Kamis (6/11/2014).

Cao Dai sendiri merupakan sebuah keyakinan universal yang mempercayai bahwa tokoh-tokoh spiritual besar dari tumor atau barat merupakan nabi dari satu kebenaran esa yang sama.

Ritual peribadatannta pun berbeda dari yang umumnya. Ketika upacara keagamaan tengah berlangsung, para jemaat menggunakan baju ala biksu berwarna-warni menyenandungkan lagu-lagu pujian dalam barisan layaknya umat Muslim yang tengah melakukan ibadah di Masjid.

 Dulu Cao Dai adalah keyakinan dengan pemeluk berjumlah besar di Vietnam, dan kuil di Tay Ninh itu menjadi sentral keagamaan. Namun rezim komunis kemudian mempersempit geraknya. Hingga akhirnya kuil Cao Dai kini hanyalah sebagai objek wisata sekaligus sarana peribadatan minoritas pengikut Cao Dai yang masih tersisa.

Dari sisi arsitektur, bangunan kuil tersebut memang tidak biasa. Desainnya merupakan campuran antara sebuah masjid dan klenteng, dengan warna-warni mencolok serta ukiran rumit ala istana pada zaman kuno.

Pada akses masuk, terdapat sebuah lukisan penyair Vietnam Sun Yat Sen, Nguyen Binh Khiem, serta novelis Victor Hugo tengah menerima wahyu dari Tuhan.Tetapi yang paling mencolok adalah lambang- lambang ‘mata suci’ yang dapat ditemui pada setiap bagian kuil, yang mungkin untuk Anda penyuka teori konspirasi sudah paham apa arti dari ‘mata suci’ tersebut. (tom)

Sumber : jadiberita

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita