113 Jum'at, 07 November 2014 | 14:35:53

Stasiun Metro Paris Yang Penuh Warna

Stasiun Metro Paris Yang Penuh Warnakompas

Clichy Montfermeil merupakan satu dari empat stasiun teranyar yang akan didesain sebagai bagian dari proyek Grand Paris Express (GPE). Proyek itu adalah rencana dalam memodernisasi serta memperlebar jaringan transportasi Paris dan mengintegerasikan daerah-daerah di Paris.

Stasiun  lain dalam proyek teresbut ialah Villejuif, Noisy-Champs dan Le Bourget. Rancangannya baru-baru ini dijuarai oleh Elizabeth & Christian de Portzamparc (AECDP).

Staisun tersebut difasilitasi dengan sebuah kanopi geometris penuh warna-warni. Gunanya untuk melenyapkan apa yang arsitek refleksikan sebagai sebuah ‘tempat abu-abu dan tertinggal’. Pola dekoratif menghiasi lantai, panel dinding dengan “warna Afrika”, serta atap pergola.

Sebuah atrium berbentuk cekung di stasiun yang menuju pada keempat lantai peron kereta, yang pada bagian bawahnya ada sebuah eskalator. Ketika melewatinya, orang-orang dapat melihat satu sama lain serta berinteraksi sebab di sini tidak ditemukan jalur bersimpangan.

Lantai dasar dengan warna-warni tersebut adalah bagian desain utuh yang memiliki tujuan dalam mengubah daerah urban Clichy-sous-Bous. Daerah ini sangat diingat sebagai lokasi kerusuhan Paris tahun 2005 silam.

Plaza di stasiun ini mempunyai luas 4.840 meter persegi dan bertengger diatas lahan yang memiliki luas 4.911 meter persegi. Nantinya, stasiun tersebut akan menjadi sebuah simbol perubahan serta penghubung bagi daerah di tepian kota yang kerpa kali terabaikan.

“Pendekatan kami ialah mencari jalan maksimal stasiun metro ke tema perkotaan. Akses ini dibangun dengan menggunakan tangga yang menjadikan orang-orang yang keluar dari stasiun menjadi tertarik untuk mengunjungi atrium. Sebuah langit-langit pergola yang memayungi  parkir sepeda, pintu masuk, instalasi serta bangunan, melindungi area yang rencananya akan difungsikan sebagai pasar musiman,” ucap arsitek Enric Miralles/Benedetta Tagliabue (EMBT).

Sumber : kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita