305 Selasa, 04 November 2014 | 18:02:08

4 Wanita milyuner di Tiongkok berkat bisnis properti

4 Wanita milyuner di Tiongkok berkat bisnis propertiWu Yajun-Zhang xin-Yang Huiyan-Chan Laiwa

Forbes baru saja merilis 400 orang terkaya di Tiongkok. Dari daftar tersebut, 27 orang diantaranya adalah perempuan. Menariknya adalah ternyata 4 perempuan terkaya teratas memiliki kesamaan bisnisnya. Tentu saja, kesamaan dari mereka berempat adalah sama-sama menekuni bisnis properti.

Siapa saja mereka dan bagaimana kiprahnya di bisnis properti? Simak saja ya ya

Wu Yajun
Wu Yajun adalah seorang entrepreneur wanita. Saat ini menjabat sebagai pendiri dan komisaris perusahaan Longfor Properties. Mengawali karirnya sebagai junalis dan beralih menjadi entrepreuneur Saat ini memiliki kekayaan sebanyak $3,2 miliar per Oktober 2014.

Wu lahir dari keluarga biasa saja pada 50 tahun yang lalu. Dia menyelesaikan pendidikannya dari teknik navigasi di Northwestern Polytechnical University. Awalnya dia bekerja pada sebuah pabrik bernama Qianwei Meter Factory selama 4 tahun. Kemudian pada tahun 1988 - 1993 menjadi seorang jurnalis dan editor di China Shirong News Agency.

Bersama suaminya (telah bercerai) Wu mendirikan Chongqing Zhongjianke Real Estate Co Ltd yang kemudian berganti nama menjadi Longfor Properties.

Zhang Xin
Zhang Xin adalah CEO dan pendiri SOHO China, real estate komersial terbesar di Beijing. Saat ini memiliki kekayaan mencapai US$ 3,7 miliar.

Dibesarkan oleh ibunya yang single mother. Masa remaja Zhang banya bekerja di sebuah pabrik Garmen untuk menabung demi pendidikannya. Sambil bekerja, ia belajar bahasa inggris di sebuah sekolah sekretaris hingga akhirnya tabungannya cukup mengejar gelar sarjananya di Inggris. Bahkan melanjutkan hingga jenjang Master berlanjut ke Doktor.

Setelah lulus, ia bekerja di sektor perbankan di beberapa kota seperti Hongkong dan New York. Akhirnya pada 1994 Zhang kembali ke kotanya, Beijing. Lalu bersama suaminya Pan Shiyi mendirikan perusahaan Hongshi yang hingga kini dikenal dengan nama SOHO China.

Yang Huiyan
Yang Huiyan saat ini adalah salah satu wanita muda terkaya di China. Merupakan wakil komisaris Country Garden. Yang mendapatkan kekayaannya dari warisan ayahnya, Yeung Kwok Keung. Yeung Kwok Keung adalah pendiri perusahaan developer Country Garden. Pada 2007 mentransferkan kekayaannya kepada Yang Huiyan.

Chan Laiwa
Chan Laiwa adalah pemilik salah satu real estate terbesar di China. Dia memiliki Regent Bijing, Jinbao Tower dan Bijing Hongkong Jockey Club. Merupakan istri dari aktor Chi Zhongrui

Chan mengawali karirnya sebagai pengusaha perbaikan furnitur di Hongkong. Bisnisnya tersebut sukses hingga mampu untuk membeli 12 villa. Pada 1980 dia kembali ke Beijing dan mulai membangun kerajaan real estatenya. Chan mendirikan Fuwah International Group pada awal 1990.

Sumber : Detik, Forbes, Wikipedia

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita