193 Jum'at, 31 Oktober 2014 | 15:43:46

Unik, Botol Bir Jadi Material Kuil Buddha di Thailand

Unik, Botol Bir Jadi Material Kuil Buddha di Thailandmerdeka

Kuil Buddha Wat Pa Maha Chedi Kaew yang terletak di distrik Han Khun, provinsi Sisaket, Thailand ini memiliki arsitektur yag tidak wajar. Kuil ini hampir keseluruhan bangunannya terbuat dari material botol bir bekas.

Diberitakan oleh situs Atlas Obscura, bangunan kuil, ruang tidur, ruang sembahyang, krematorium, bungalo, menara air, atap, hingga toilet dibuat dari material botol bekas bir yang memiliki warna dasar hijau dan cokelat.

Kuil ini dibangun pada tahun 1984 oleh para biarawan. Dipicu oleh banyaknya sampah yang teronggok di area sekitar kuil, lalu para biarawan mengadakan sebuah acara ‘100 botol bir di dinding’ dalam usaha mendaur ulang. Penduduk sekitar diminta mengumpulkan 100 kemasan bekas bir untuk kemudian diletakkan didinding kuil

Pada kenyataanya ada sejumlah 1,5 juta buah botol sumbangan yang terkumpul oleh warga. Akhirnya botol-botol itu dipasang pada dinding bagian luar pemukiman kuil. Jumlah botol pemberian yang kian bertambah jumlahnya membuat hampir seluruh kuil diselimuti botol, sampai akhirnya muncul sebuah nama ‘kuil botol bir’ serta ‘kuil jutaan botol’ menempel di kuil tersebut.

Hingga kini, warga yang berada di sekitra kuil masih berlanjut menyumbangkan botol tidak terpakai dan para biarawan memiliki rencana untuk melanjutkan program daur ulang mereka. Tidak hanya botol yang dimanfaatkan, para biarawan juga menggunakan bagian tutup botol dalam membuat mosaic serta desain patung Biddha yang mendekorasi bagian dalam kuil.

Sumber : merdeka

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita