322 Jum'at, 31 Oktober 2014 | 15:03:15

Ini Apartemen Hijau Sesungguhnya

Ini Apartemen Hijau Sesungguhnyamilano reppublica

Kebutuhan akan green building memang kian mendesak, terlebih lagi untuk beberapa wilayah di negara maju. Atas dorongan itu lah, di Milan, Italia, hadir sebuah apartemen yang diberi nama “bosco vertical”.

Panggilan tersebut adalah bahasa Italia yang memiliki arti ‘hunian vertikal’ atau dalam terjemahan bahasa inggris disebut vertical forest. Gedung tersebut merupakan buah karya seorang perancang kebangsaan Italia, yaitu Stefano Boeri.

Konsep desain Boeri tersebut memiliki dua menara untuk tiap menara terdiri atas 133 unit apartemen. Seluruh apartemen menyajikan pemandangan yang luas sepanjang ke kota Milan.

Apartemen tersebut di juluki “hunian vertikal sebab desainnya mengintegerasikan lebih dari 1000 jenis tumbuhan, semak, serta tanaman berbeda. Sungguh-sungguh “apartemen hijau”. Sebab, secara keseluruhan, apartemen tersebut ditanami sekitar 780 pohon dengan tujuan menaikkan keanekaragaman hayati yang bisa saja telah rusak saat pengerjaan proyek.

Tiap-tiap menara apartemen memiliki tinggi sekitar 112 meter dengan sebuah balkon yang menjorok keluar pada tiap fasad apartemen. Tiap apartemen mempunyai taman personal guna menjaga ruang hidup interior dari pencemaran partikel debu, angin kencang, akustik, serta paparan sinar matahari langsung.

Pada bagian atap, dijumpai panel fotovoltaik atau sebuah panel surya yang berkontribusi pada penghematan energi di kompleks apartemen. Sementara itu, pengolahan air tercemar dari gedung, difilter dan dimanfaatkan kembali untuk menyiram tumbuhan di apartemen.

Boeri menjelaskan, apartemen ‘hutan vertikal’ terseubut adalah strateginya dalam terus menjaga ruang hijau di antara kesibukan kota.

“Saya kira ini adalah sebuah prototipe dari sebuah strategi  yang mungkin bisa berguna dalam memperpanjang linkungan alam bagi konteks modern,” ucapnya

Boeri juga berpendapat ‘hutan vertikal ini akan sanggup menjadi cara jitu dalam mengembangakn keanekaragaman hayati di sentral kota. Dalam mewujudkan gagasannya tersebut, Boeri dan tim selalu menanyakanpendapat para ahli mengukru seberapa besar dampak ‘hutan vertikal’ tersebut pada lingkungan di wilayah Milan.

Sumber : kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita