645 Selasa, 21 Oktober 2014 | 11:47:34

Bangkok Bangun Pencakar Langit Tertinggi di ASEAN

Bangkok Bangun Pencakar Langit Tertinggi di ASEANscmp

Sebuah menara pencakar langit baru akan bertengger di Bangkok, Thiland. Dengan ketinggian 615 meter, gedung yang didirikan oleh Grand Canal Land Public Company Limited (G Land) tersebut telah menduduki kelas supertall. Super Tower adalah nama yang dipersembahkan bagi gedung yang terdiri dari 125 lantai ini, dan akan menjadi gedung tertinggi untuk kawasan ASEAN serta masuk kedalam urutan sepuluh besar skycrappers dunia

Super tower kelak menjadi bangunan utama proyek multifungsi The Grand Rama 9 yang dibangun pada lahan seluas 32 hektare. Berlokasi di sudut jalan Ratchadapisek, di persimpangan jalan Rama 9. Lokasi Super Tower tidak jauh dengan Stasiun MRT Rama 9, Airport Rail Link, Sirat Expressway, dan BTS Asoke Stasiun.

Proyek ini meliputi apartemen Belle Grand Rama 9, gedung perkantoran (the 9th Towers, kantor pusat Unilever, dan G Land Tower), dilengakpi sarana konvensi serta bangqueting, hotel mewah, serta shopping arcades.

“Ini menjadikan the Grand Rama 9 menjadi proyek yang sangat komprehensif di Bangkok satu-satunya, dan kelak menjadi pusat ekonomi baru,” ucap Yotin Boodicharem selaku Chairman G Land.

Yotin menerangkan bahwa supertall tersebut akan dipecah dalam tiga zona. Pertama zona perkantoran kelas premium yang akan dipenuhi dengan sarana berstandar internasional dan beroperasi dalam 24 jam, jadi dapat digunakan oleh firma multinasional. Target jualnya perbankan dan jasa keuangan lain. Zona tersebut regional ASEAN.

Zona kedua dibangun sebagai penginapan atau hotel bintang enam, zona terakhir atau yang teratas akan dimanfaatkan sebagai gedung observasi dalam memandang panorama Bangkok dari ketinggian. Pada bagian teratas ini juga terdapat berbagai fasilitas gaya hidup terlengkap di kota Bangkok.

Sebuah ruang konvensi dan eksesbisi dengan luas keseluruhan 6.000 meter persegi, akan diletakkan pada area depan bangunan ini. Dirancang dengan konsep terbuka dan mempunyai ruang hijau pada atapnya, sarana ini diberitakan akan menjadi ruang terbaik bagi aktivitas rekreasi luar ruang.

Tidak hanya dirancang canggih bangunan juga dirancang ramah lingkungan dan dipersiapkan untuk meraih peringkat teratas dari Leadership in Energy & Environmental Design (LEED), yang diterbitkan oleh Green Building Council AS. Oleh karena itu Super Tall juga memfasilitasi ruang parkir sepeda serta kamr amndi khusus bagi pesepeda.

Gedung yang merupakan hasil karya perusahaan arsitek Skidmore, Owings dan Merril LLP (SOM) ini, rencananya akan dikelola sendiri oleh G land. Rencananya pembangunan akan selesai secara keseluruhan pada tahun 2019 mendatang, hingga kini luas bangunan telahmencapai 120 hektare. Tidak dicantumkan berapa dana yang disediakan untuk proyek raksasa tersebut, namun hingga kini dana yang digunakan telah mencapai 100 miliar bath atau setara dengan 37,3 triliun.

Sumber : housing estate

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita