169 Kamis, 16 Oktober 2014 | 18:30:09

Liburan Menyenangkan dengan Kabin Cantik

Liburan Menyenangkan dengan Kabin Cantikdesignboom

Berlibur adalah kegiatan yang hampir setiap orang inginkan, terutama bersama keluarga. Rencana tersebut akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Atas dasar itulah, sebuah perusahaan firma arsitektur asal Norwegia, Reiluf Ramstad Arkitekter mendirikan tuga buah kabin untuk dimanfaatkan sebuah keluarga besar ketika berlibur. Reiulf menamakan bangunan liburan tersebut dengan ‘Micro Cluster Cabins.’

Didirikan pada wilayah pesisir Vestfold, Norwegia, ‘Micro Cluster Cabin’ didesain bagi sepasang suami istri dengan dua anak laki-laki yang akan menjadi orang tua. Rumah itu terdiri dari tiga bangunan lancip yang dirancang guna memungkinkan keluarga berlibur bersama sambil menjaga kamar pribadi mereka masing-masing. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut itu, ada dua ruang tidur kabin terpisah serta ruang makan bersama.

“Klien kami menginginkan sebuah kabin bagi seluruh keluarga, namun disaat bersamaan kabin tersebut juga dapat terpisah sesuai dengan fungsinya,” kata Ramstadt.

Ramstadt melanjutkan, oleh karena itu pihaknya mendirikan sebuah rumah dengan tiga struktur yang dapat digunakan secara individual atau pribadi. Kabin tersebut didirikan pada sebuah tempat terpencil di kaki bukit bebatuan. Udaranya yang sejuk, menjadikan kabin tersebut mempunyai ruang tamu terbuka. Tidak hanya itu, panorama pedesaan juga terlihat dari ruang dapur yang memiliki kaca mengkilap di ujungnya.

“Kami sudah mendiskusikan, mengenai bagaimana arsitektur bangunannya dengan kombinasi berupa dinding batu alami pada perbukitan yang dapat memicu iklim mikro lokal, serta memperpanjang pemakaian rumah, sejak awal musim semi hingga permulaan musim dingin,” Ramstadt menjelaskan.

Sebuah ventilasi mengkilap yang berbentuk segitiga berlokasi di ruang tamu dengan menatap langsung ke arah lapangan. Pintu kaca geser dibangun terbuka ke sebuah halaman pada tengah kabin. Kabin tersebut membagi sarana memasak serta hunian dalam sebuah ‘ruang ekstrovet’ yang dikeliling material kaca pada sekitarnya. Sementara itu, ruang tidur dan kamar mandi berada di dua kabin privat yang lainnya, kabin tersebut terdiri dari material kayu serta dilengkapi dengan mezanin pada sekitarnya.

Adapun pada sisi luar kabin, dilengkapi kayu kuat dan memiliki dua jendela persegi panjang vertikal. Sementara itu, akses masuk bagi ketiga kabin diintegerasikan oleh sebuah dek kecil. Baik eksterior maupun interior bangunan terdiri dari material kayu lokal yang sengaja dipakai guna memadukan kabin dengan lingkungan sekitar sepanjang waktu, indah!

Sumber : kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita