219 Rabu, 15 Oktober 2014 | 19:53:10

Taiwan Membangun Apartemen Setinggi 163 Meter

Taiwan Membangun Apartemen Setinggi 163 Meterwikipedia

 

Dunia arsitektur Taiwan kembali bangkit dengan rencana pengembangan sebuah gedung apartemen setinggi 163 meter di kota Taichung

The Taichung Condominium Tower, merupakan sebuah bangunan hasil rancangan Richard Meier & Partner, sebuah perusahaan arsitektur dari USA. Gedung itu dibangun lengkap dengan berbagai macam fasilitas seperti kolam renang pribadi, pusat kebugaran serta taman di atas langit atau sky garden. Bangunan ini akan terdiri dari dua struktur yang dihubungkan dengan sebuah tangga ini. Dua menara yang ada, yaitu menara utara dan selatan. Menara utara akan langsung menghadap ke pemandangan kota dan menara selatan akan digunakan utk akomodasi pintu masuk ke dalam gedung.

Richard Meier terkenal dengan rancangan Getty Center di Los Angeles mengatakan bahwa proyek tersebut akan kontribut ke semangat arsitektur yang dinamis di Taichung. Hal ini sama dengan beberapa proyek yang sedang dikerjkan, seperti SANAA, Zaha Hadid, dan MAD.

Meier juga mengatakan bahwa menara baru ini merespon skala pembangunan kota yang sudah ada sambil mempertahankan arsitektural modern dan mereka ingin melanjutkan penyempurnaan dengan explorasi seluruh pekerjaan mereka. Richard juga percaya proyek bangunan ini akan menjadi tambahan baru dan menonjol bagi Taichung dan dapat mewujudkan komitmen mereka untuk membangun design arsitek yang berkelas dunia.

Design utama Taichung Condominium akan diisi oleh dinding tirai kaca dan diselingi oleh area yang dibungkus oleh alumunium bewarna putih. Menara bagian selatan akan memaka layar kaca tembus pandang untuk memberikan privasi pagi para pemilik. Perencanaan bangunan akan menggabungkan design arsitektur lainnya dengan pengaturan cahaya yang beragam.

Dukho Yeon yang merupakan salah satu rekan kerja Meier berharap rancangan mereka dapat mewujudkan prinsip mereka dengan cahaya dan transparasi. Menurut Vivian Lee yang juga rekan kerja Meier, rancangan menara digunakan untuk dijadikan mercusuar kota Taichung dimana dalam rancangannya, tiga lantai paling bawah digunakan utk fasilitas penghuni seperti tempat pijat, lounge dan tempat jamuan ala Barat dan Tiongkok. The Taichung condominium diprediksi akan diselesaikan pada awal tahun 2018.

Sumber: kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita