218 Senin, 13 Oktober 2014 | 11:47:41

Guangzhou IFC, Gedung dengan Hellipad Tertinggi di Dunia

Guangzhou IFC, Gedung dengan Hellipad Tertinggi di Duniaeverychina

Bukan gedung The Kingdom Tower, bukan pula gedung Burj Khalifa, akan tetapi Guangzhou International Finance Center (IFC) yang telah didaulat sebagai gedung dengan helipad tertinggi di dunia.

Berdasarkan pengamatan Council on Tall Bulidings and Urban Habitat (CTBUH), Guangzhou IFC yang berlokasi di kota Guangzhou, Cina, mempunyai sebuah sarana landasan helikopter atau hellipad yang letaknya berada pada ketinggian 438 meter.

Sementar dalam kalkulasi secara arsitektural, gedung Guangzhou IFC yang didesain oleh Wilkinson Eyre ini, kini merupakan sebuah gedung pencakar langit tertinggi kelima di Cina, dan berada diurutan kedelapan di Asia, serta berada diposisi tertinggi ke 11 untuk dunia dengan ketinggian mencapai 438 meter.

Walau negara Tiongkok telah mempunyai gedung yang memiliki sarana helipad tertinggi di dunia, akan tetapi masih harus mengakui keunggulan dari negara Korea Selatan yang dihabiskan sebagai negara dengan sarana serupa terbanyak di dunai.

Survei dari CTBUH mengatakan, Korea Selatan tercatat memiliki 39 persen atau 45 banguna berhelipad dari jumlah keseluruhan 114 gedung dengan tinggi lebih dari 200 meter, yang terletak menyebar di 13 negara.

Tiongkok mengikuti pada urutan nomer 2 dengan memiliki 20 gedung pencakar langit berhelipad atau sejumlah 18 persen. Setelah itu ada negara Jepang yang memiliki 18 gedung tertinggi atau sejumlah 16 persen, Amerika Serikat sekitar 9 persen atau berjumlah 10 gedung, dan beberapa negara lainnya yang memiliki 10 persen gedung pencakar langit berhelipad.

Sumber : kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita