83 Jum'at, 10 Oktober 2014 | 15:15:39

Menakjubkan! Rumah Menghasilkan Listrik Sendiri

Menakjubkan! Rumah Menghasilkan Listrik Sendiriachitectureanddesign

Sebuah hunian ini kini kembali diciptakan. ‘Hydroelectrical Tidal house’ merupakan nama yang diberikan untuk rumah tersebut, rumah listrik tenaga ombak atau air pasang, sesuai dengan namanya rumah ini memiliki sumber listrik yang berasal dari gelombang pasang laut.

Margot Krasojevic yang merupakan arsitek dari rumah ini, meletakkan pondasi bangunan ini kedalam pasar atau bebatuan yang berada di sekitar pantai. Struktur bangunannya memiliki dua bagian, yaitu bagian luar yang berasal dari material cor beton dengan jangkar atau dasar bangunan diposisikan menuju pantai. Sementara pada sisi dalam dibuat sedikit lebih naik agar gelombang pasang dapat menjelajah di sekitar kerangka utama.

Agar dapat mengakomodasi jumlah listrik yang dihasilkan, Margot membangun lapisan gabungan yang berbentuk setengah lingkaran yang memiliki sel-sel surya. Lapisan tersebut kelak akan menyediakan pasokan listrik ke ruang tamu.

Tidak hanya itu, sebuah penampang diagonal dibuat dari bermacam mekanisme hidrolik guna menghasilkan daya yang berasal dari gelombang pasang. Teknologi yang terdapat pada hunian ini memang khusus dibuat guna memperkirakan gerak gelombang air yang lebih mudah diketahui dibandingkan energy angin serta matahari atau surya.

Dua turbin
Terdapat dua turbin yang dimanfaatkan dalam rumah terseut. Turbin pertama memanfaatkan ruang alumunium ringan, berguna dalam menempatkan udara yang terperangkap saat gelombang pasang masuk ke dalam bangunan lalu menciptakan arus listrik.

Untuk turbin yang kedua, menggabungkan energi terbarukan, dalam persoalan ini gelombang pasang beserta magnet neodymium untuk bergerak melewati tabung kawat tembaga. Gerakan tersebut kemudian mengahsilkan muatan osilasi yang menarik serta mendorong energi yang berada dalam kapasitor. Turbin kedua ini lebih mirip generator elektromagnetik.

Susunan dalam rumah terbuat dari paduan struktur monocoque yang non logam ringan serta mengapung di dalam bungker eksternal ketika gelombang pasang melaluinya. Kurang lebih ada tiga modul pada rumah ini. Ketiganya menjadikan bangunan ini dapat dibongkar dengan mudah standar dengan persyaratan fungsional sebuah hunian.

Dalam mengoptimalakn jumlah energi dalam rumah, Krasojevic juga membangun serangkaian saluarn air yang mampu bergerak ke mana saja. Saluran air tersebut nantinya akan membuat dampak pusaran yang sanggup memaksimalkan jumlah energi.

Sumber : kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita