167 Rabu, 08 Oktober 2014 | 17:52:45

Sepasang Penari Jadi Inspirasi Gedung Unik Ini

Sepasang Penari Jadi Inspirasi Gedung Unik Inimerdeka

Coba cermati gambar dua bangunan di atas, Sekilas tampak seperti pasangan yang sedang menari sambil berpelukan, bukan? Seperti bentuknya, dua bangunan yang sejajar ini dinamakan Dancing House atau ‘rumah yang berdansa’. Ada beberapa orang yang memanggilnya Drunk House atau rumah mabuk, sebab bentuknya sekilas terlihat seperti dua orang pemabuk yang tengah berjalan saling menopang.

Berdasarkan situs PlanerGo, bangunan berdansa ini adalah salah satu ikon Praha, Ceko. Lokasinya di sudut jalan yang berhadapan dengan sungai. Desainer gedung dengan arsitek unik ini ialah Vlado Milunic dan Frank Gehry, dua arsitek yang karyanya sudah diakui mancanegara. Sementara Gehry sendiri terkenal sebagai arsitek yang kerap membuat gedung-gedung ikonik dengan arsitektur luar biasa.

Dancing House didesain dengan style dekonstruktif, gaya arsitektur yang kerap kali diaplikasikan Gehry dalam setiap ciptaannya. Bentuk gedung yang meliuk tersebut harus ditopang oleh 99 buah panel baja. Pada puncaknya berdiri susunan baja legkung yang dinamakan Medusa. Pmebuatan gedung tersebut menghabiskan waktu selama 4 tahun, sejak 1992 hingga 1996.

Banyak kritikus yang mengatakan bahwa keberadaan Dancing House terlihat tidak senada di antara gedung-gedung bergaya baroque yang merupakan ciri khas Kota Praha. Namun arsitektur dari Dancing House, yang terlihat berbeda dari yang lain itu justru membuatnya menonjol. Dibuktikan dengan sejumlah penghargaan yang dicapainya dalam berbagai festival penghargaan arsitektur.

Sumber : merdeka

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita