27 Rabu, 08 Oktober 2014 | 13:14:50

Kota Favorit Investasi Properti Global

Kota Favorit Investasi Properti Globalworld property channel

Sebuah konsultan properti dan real estate internasional, Cushman & Wakefield mempublikasikan hasil surveinya mengenai peringkat kota investasi favorit di dunia. New York dinobatkan sebagai kota yang paling disukai sebagai lahan investasi sepanjang tahun kemarin. Dengan pertumbuhan sebesar 17,2%.

Investasi di Newyork mencapai US$ 55,4 miliar pada kuarter-2 2014. Nilai ini setara dengan 7 persen dari pasar dunia. Peringkat Kedua ditempati oleh London dengan pertumbuhan 40,5% dan Tokyo di posisi ke tiga dengan pertumbuhan sebanyak 30,4%.

Crushman & Wakefield juga mencatat bahwa masih akan terus pemain baru di papan atas, seiring dengan pertumbuhan dan perubahan global. Kota-kota utama akan tetap menjadi incaran investor, dimana tingkat kepercayaan dan dan ketersediaan modal terus meningkat sementara pasokan juga tidak banyak.

Pada tahun 2015, ekonomi global akan lebih membaik tapi masih rentan sekali. Trend pertumbuhan juga bervariasi tiap negaranya. Hal ini disebabkan oleh perbedaan dari kebijakan moneter yang berbeda setiap negara.

Sepuluh peringkat teratas untuk investasi global sedikit mengalami perubahan sejak tahun lalu. Kota Dallas bergerak naik ke peringkat 9. Sedangkan Shanghai, Beijing, Miami dan Stockholm masuk di 20 besar. Lompatan besar dialami Dubai dan Dublin ke posisi 50 besar dari peringkat 186 dan 82.

Crushman & Wakefield memperkirakan kota dari EMEA (Eropa, Middle East dan Afrika) juga akan semakin bertumbuh. Kota di negara tersebut dipandang lebih aman, recovery yang cepat dan mampu mengangkat modal lagi.

Pertumbuhan properti dianggap relatif lebih lambat dalam tiga sampai lima tahun kedepan. Hal ini mendorong investor untuk beralih dari pasar utama ke secondary market. Seperti di kawasan Asia, dimana Tokyo dan Singapura saat ini adalah incaran utama, maka investor juga akan mengambil keuntungan dari secondary market seperti Jakarta dan Manila.

Sumber : Cnbc, worldpropertyjournal

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita