117 Selasa, 07 Oktober 2014 | 16:44:57

Singapura Dibanjiri Pasokan Mal Strata

Singapura Dibanjiri Pasokan Mal Strataholiday list

Singapura akan dihantui oleh banjirnya pasokan kios-kios dalam mal starta. Sebab, hingga 12 bulan kedepan ada 1.300 ruang ritel strata selesai dibangun. Termasuk The Promenade, Junction Nine, Eon Shenton, City Gate, dan Alexandra Central.

Menurut Chestertons, yang merupakan konsultan property, Jumlah tersebut merupakan 42 persen dari total pasokan yang asuk dalam saluran pengembangan selama tahun 2014 hingga tahun 2019 mendatang. Masalahnya ialah, jumlah pasokan ini melampaui permintaan, terutama unit-unit kios ataupun toko yang jauh jangkauannya dari pusat kota serta likasinya tidak strategis.

Banyaknya pasokan baru mal tersebut terkait dari ledakan pembangunan proyek multifungsi (mixed use) yang tren dalam beberapa tahunterakhir ini. Bangunan hunian dan kios mendominasi pengembangan multifungsi.

Hal tersebut memicu kekhawatiran, sebab toko-toko dengan status kepemilikan strata title telah dipunyai secara indpenden. Jadi tidak memungkinkan adanya pengawasan atau kontrol mengenai tersewa atau tidaknya kois-kios tersebut.

Investor Mendominasi

Dalam dua sampai tiga tahun terkahir, banyak konsumen yang merupakan investor yang berpindah ke toko starata untuk dibentuk sebagai instrument investasi. Kejadian tersebut tejadi paska pemerintah menerapkan perlambatan pada sektor properti residensial.

Peneliti mengatakan beberapa investor ini mungkin tidak seluruhnya paham apa yang mereka beli, sebab pertimbangannya jauh berbeda dengan membeli apartemen. Pertimbangan seperti aksesbilitas dengan transportasi umum, lokasi, densitas populasi, gabungan satuan dan lokasi unit dalam mal serta tipe penyewa di sana.

Direktur Chesterton yaitu Donald Han mencatat, sebagian besap konsumen punya maksud tersendiri yaitu menyewakan kembali toko-toko mereka dengan harapan nilai sewa yang tinggi.

“Dan apabila mereka telah membeli toko yang jauh dengan pusat pekerjaan, jauh dari mass rapid trans, atau jauh sarana apapun, seandainya, mereka mungkin aka terperangkap. Mal-mal yang lebih kecil mungkin tidak dapat bersaing dengan mal yang jauh lebih besar. Sebagai contoh misalnya, pada mal kecil fasilitas parkir mobil mungkin akan kurang.

Sumber : kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita