35 Senin, 06 Oktober 2014 | 17:04:55

New York Menguji Coba Rumah Antisipasi Bencana

New York Menguji Coba Rumah Antisipasi Bencanahousing estate

Badan Penanggulangan Bencana (BPB) New York City (NYC) belajar dari pengalaman dalam menghadapi bencana di waktu yang akan datang. Tahun 2012 lalu, kota tersebut dan sebagian pantai timur Amerika Serikat (AS) hancur lebur diterjang taifun Sandy. Sejumlah 650 ribu rumah hancur, serta 22 ribu keluarga kehilangan huniannya hingga satu tahun selepas bencana.

Untuk berjaga-jaga dari bencana serupa, BPB NYC dan American Manufactured Structures and Service (AMSS) baru-baru ini menciptakan prototipe rumah perkantoran setelah bencana. Prototipe ini merupakan hasil penelitian selama enam tahun yang mengikut sertrakan biro arsitek domestic yaitu Garrison Architects. Mereka merancang rumah modular dengan bentuk seperti kontainer. Lantai serta dindingnya diisi semacam serabut dan potongan kayu, mirip dengan bahan gabus penutup botol wine. Bahan formaldehyde tidak dipakai dan setiap sisi dilapisi insulasi, jadi ruang dalam terasa nyaman untuk dihuni.

Setiap contoh bangunan mempunya 3 ruang tidur, satu ruang keluarga, serta sebuah kamar mandi, dan dapur yang lengak dengan kebutuhan standar. Terdapat juga area gudang, jendela dan balkon. Setiap unit juga dapat direkatkan panel photoyoltaic, sebagai asal energy alternatif.

Rumah modular ini bisa dibangun secara singkat. Garisson Architects berpendapat, pembuatannya dapat rampung dalam waktu 13,5 jam. “Rumah modular ini merupakan tempat tinggal yang layak dan dapat dibangun cepat setelah bencana, selain itu para korban juga dapat tetap tinggal bersama kelompoknya,” kata James Garrison, Principal of Garrison Architects.

Desain rumah modular itu cukup fleksibel. Tidak hanya mudah dan cepat dibangun, rumah tersebut juga aman, ramah lingkungan, desainnya universal, serta awet. Bentuknya serupa dengan kontainer sehingga crane dapat mengangkatnya dengan mudah, ditumpuk, atau diangkut dengan truk. Bangunan ini sedang di uji coba dengan ditempati oleh sebuah keluarga dalam waktu satu tahun. BPB NYC juga bekerja sama dengan Pratt School of Architecture dan the Sustainable Urban Environments Program Polytechnic Institute of New York University dalam program Recovery, Adaptation, Mitigation and Planning.

Menurut Garrison, jika prototipe ini berhasil maka rumah tersebut dapat dibangun di mana saja. Bangunan tersebut dirancang sesuai kebijakan zonasi ruang AS. Oleh sebab itu rumah modular ini dapat didirikan di seluruh wilayah AS dengan singkat.

Sumber : housing estate

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita