177 Jum'at, 03 Oktober 2014 | 19:03:31

Student Center Ideal, Milik Universitas di Qatar

Student Center Ideal, Milik Universitas di Qataracui

Sebuah universitas sudah sepatutnya memiliki sebuah tempat kegiatan mahasiswa atau biasa di sebut student center. Student center juga dianggap sebagai ruang tamu universitas, yang menghubungkan antar fakultas, staff pengajar, serta mahasiswa, baik secara formal maupun informal.

Sebuah universitas yang terletak di Doha, Qatar dan memiliki nama Hamdan bin Khalifah, tahu persis cara membuat sebuah student center yang nyaman serta modern. Universitas tersebut telah melakukan kerja sama dengan Legoretta + Legoretta dalam membuat student center yang nyaman bagi masyarakat kampusnya. Di dalam ruangan tersebut terdapat sebuah pusat kesehatan konseling, sarana penginapan, serta ruang rekreasi yang terintegrasi oleh ruang komunal.

Pada bagian eksterior bangunan, para arsitek student center ini terilhami oleh beberapa pasar tradisional yang berada di Qatar. Tidak hanya itu, mereka juga menciptakan kemiripan di antara arsitek Meksiko dan Arab dalam bangunan ini.

Didirikan menggunakan material beton, student center ini mempunyai dinding tebal dengan batu berlapis. Sebaliknya, pada gedung olahraga banguann dibuat dengan memanfaatkan material struktur baja. Jendela-jendela di sisi timur dan barat dilengkapi dengan jeruji untuk memberikan efek berbayang guna mengurangi sorotan cahaya matahari ke dalam ruangan.

Halaman ‘helix’ yang merupakan pusat dari sarana student center menambah keindahan bangunan tersebur. Disana ada sebuah taman yang memiliki patung dengan desain helix atau spiral yang diciptakan oleh seniman Jan Hendrix.

Pada halaman spiral juga terdapat fitur jet air dan pelat alumunium individu sebanyak 200 buah, yang membentuk pola organik serta pengaturan kontemplatif. Budaya domestik berupa majelis, saat berkumpul di luar rumah guna menjadikan percakapan lebih berarti, juga dibangun dan ditempatkan pada persimpangan kompleks dari student center.

Sumber : kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita