217 Selasa, 30 September 2014 | 15:51:05

Gedung Tertinggi dan Ramah Lingkungan Pertama di Afrika

Gedung Tertinggi dan Ramah Lingkungan Pertama di Afrikaskycrapercity

Pembangunan Gedung Portside yang dirancang oleh dhk Architects dan terletak di Cape Town, Afrika Selatan, kini telah rampung dibangun. Bangunan setinggi 139 meter tersebut mendapat pengakuan sebagai menara tertinggi di kota tersebut.

Struktur komersial gedung ini menjadi basis baru bagi Old Mutual serta tiga divisi FirstRand Bank yang terdiri dari First National Bank, Rand Merchant Bank, serta Wesbank.

Dikembangkan melalui firma gabungan dua perusahaan finansial tersebut, Portside menjangkau seluruh blok kota di sebelah utara hingga barat Central Business District Cape Town. Dalam membedakan antara dua perusahaan tersebut, Portside memfasilitasinya dengan dua alamat terpisah.

Setiap akses masuk memiliki plaza tersendiri, dengan Old Mutual di Bree Street dan FirstRand di Buitengracht. Bangunan ini dilengkapi sarana parkir sejumlah 1.382 lot yang dapat dituju dari satu gerbang tunggal. Di sekeliling menara, terdapat beberapa kafe dan restoran tepat bersebelahan di sisi kantor First Nasional Bank.

Portside yang menempati kawasan di Central City Urban Conservation, juga bekerja sebagai katalisator untuk perbaikan daerah. Sebab, rancangan bangunan ini didisain dalam bangunan bertingkat menengah sampai tinggi diantara gedung di sekitarnya. Struktur bangunan dari kaca memperlihatkan fasad ramping yang seutuhnya dapat dibongkar untuk perubahan di waktu mendatang. Tidak hanya itu, kaca-kaca tersebut juga dapat didaur ulang dan diletakkan dimanapun.

Portside merupakan bangunan tertinggi pertama di wilayah Afrika Selatan yang mendapatkan standar bintang lima, karena dianggap sebagai gedung ramah lingkungan oleh Green Star SA Office Design. Hal tersebut dibuktikan dengan tersedianya, sarana bersepeda termasuk kamar ganti, serta penggunaan lampu LED pada seluruh bangunan.

Bangunan Portside merealisasi kota hemat energi bertaraf internasional yang berkembang pesat, dengan latar belakang yang mempesona dari Table Mountain, ungkap dhk.

“Sebagai gagasan bersama antara Old Mutual dan FirstRand Bank, proyek yang menelan dana sebesar Rp 2,4 triliun ini adalah investasi besar di area barat, dan telah menjadi lahan yang menonjol di area pusat bisnis di Cape Town,” ucap dhk.

Sumber : kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita