180 Sabtu, 27 September 2014 | 15:48:01

Ekonomi Hotel Israel Melonjak Meski di Tengah Konflik

Ekonomi Hotel Israel Melonjak Meski di Tengah Konflikimagejuicy

Sektor perhotelan di wilayah Israel, terutama seksi ekonomi, memperlihatkan perkembangan yang baik, meskipun ketegangan dan konflik politik tak kunjung mereda. Laporan dari HVS, konsultan hotel global, menunjukkan fakta bahwa kinerja industri perhotelan tahunan di Israel terus membaik.

Hal itu diperlihatkan dengan melonjaknya tingkat hunian rata-rata sejak sebelumnyapada tahun 2012 mencapai 69 persen, lalu meningkat 70 persen pada tahun 2013. Sementara harga sewa kamar rata-rata harian atau yang biasa di sebut average daily rate (ADR) di wilayah loma, lokasi utama Israel sebesar 190 dollar AS atau sekitar Rp 2,3 juta di tahun 2013. Angak tersebut menunjukkan kenaikan dari tahun 2012 yang berkisar 178 dollar AS atau setara dengan Rp 2,2 juta.

Tidak hanya ADR, Israel juga telah mengalami peningkatan pendapatan per kamar yang tersedia atau revenue per available (RevPAR), yang pada tahun 2012 seharga 122 dollar AS atau Rp 1,5 juta, di tahun 2013 mencapai harga 133 dollar atau setara dengan Rp 1,6 juta.

Kenaikan RevPAR ini menunjukkan potensi pariwisata pada negeri Israel. Kedatangan para turis juga memperlihatkan peningkatan yang signifikan pada periode yang sama.

Akan tetapi, sementara jumlah turis lokal meningkat, angka wisatawan international malah menurun. Penurunan itu dipicu oleh pertikaian politik dan ketegangan di kawasan Timur Tengah. Asosiasi Pariwisata Israel memprediksi kerusakan sektor pariwisata pada semester awal tahun 2014 telah mencapai 500 juta dollar AS, atau sekitar Rp 6 triliun.

“Sudah jelas, bahwa banyak turis yang hanya akan kembali apabila masalah negara telah terselesaikan dan stabilitas keamanan terjamin. Sektor pariwisata akan naik pesat pada seluruh segmen. Sebab Israel mempunyai banyak potensi di bidang alam, bisnis, budaya serta konferensi international,” ucap Russel Kett, kepala HVS London.

Israel menawarkan kesempatan pada investor hotel international untuk melakukan ekspansi bisnis di Israel. Bisnis di sektor pariwisata akan segera pulih sejalan dengan operasi militer dalam mewujudkan stabilitas keamanan wilayah.

Sumber : kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita