562 Kamis, 25 September 2014 | 13:38:33

Kredit Rumah di Australia kebanyakan Investor spekulan

Kredit Rumah di Australia kebanyakan Investor spekulannews.au

Situasi pasar properti di Australia menunjukkan jumlah persetujuan kredit perumahan semakin meningkat. Tetapi RBA (Bank Sentral Australia) melihat adanya kondisi tidak seimbang antara pembelian investasi dan orang yang menempati rumah.

Utnuk itu, RBA akan mengeluarakn kebijakan pembatasan pinjaman beresiko untuk para investor bidang perumahan. RBA mencatat dalam laporannya bahwa lebih banyak investor bidang perumahan yang memasuki pasar dibandingkan jumlah yang bisa dijaminkan. Artinya jumlah pinjaman pada investor tidak sebanding dengan proporsi rumah yang disewakan dalam persedian perumahan.

RBA menyatakan bahwa lebih dari 40 persen jumlah pinjaman baru adalah pinjaman investor. Kredit pinjaman ini adalah untuk pembiayaan di titik investasi yang digemari di Sydney dan Melbourne.

Sedangkan proporsi pinjaman yang diberikan kepada pembeli rumah pertama malahan yang paling rendah. Bahkan pertumbuhan kredit untuk pemilik dan yang menempati rumah pun cenderung lesu.

RBA mengindikasikan banyak investor yang memakai kredit perumahan hanya untuk investasi saja, mereka mengira harga rumah akan terus naik. Dikhawatirkan dengan pertumbuhan spekulatif tersebut akan memicu peningkatan harga properti. Dan sekaligus meningkatkan potensi merosotnya harga.

RBA memberikan catatan khusus dalam laporannya bahwa praktek peminjaman di industri perbankan saat ini kemungkinan harus dikondisikan dengan rendahnya suku bunga, pesatnya kenaikan harga perumahan, dan peningkatan hutang rumah tangga dibandingkan dekade-dekade sebelumnya.

Dari pihak pengawas perbankan Australia, APRA, memberikan usulan agar bank mengurangi peminjaman rasio pinjaman niali (Loan to Value Ratio) dan memakai standar konservatif terkait penilaian properti, dan memberikan syarat kemampuan peminjam dalam menangani pinjaman dengan suku bunga tinggi.

Sumber : radioaustralia

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita