258 Senin, 22 September 2014 | 18:43:09

Rumah Bersandar, Rumah Berbentuk Peluncur Roket yang Tak Lazim

Rumah Bersandar, Rumah Berbentuk Peluncur Roket yang Tak Lazimkompas

Sebuah rumah sejatinya berbentuk tegak lurus dengan tanah dan simetris. Namun di sebuah daerah yang berdekatan dengan Danau Chungpyong, Korea Selatan. Terdapat sebuah hunian yang memiliki bentuk seperti peluncur roket yang sedang mengarah ke langit.

PRAUD sebuah studio desain dan penelitian mendirikan sebuah rumah yang teridir dari dua lantai ini menggabungkan hubungan kompleks antara orientasi dan topografi. Rumah dengan luas 96 meter persegi ini juga mendapat sebutan ‘rumah bersandar’. Sebab rumah tersebut “diangkat” di bagian pinggir sebelah selatan dengan maksud agar cahaya matahari yang maksud dapat masuk secara maksimal.

Bukannya menambah susunan terpisah pada bangunan, PRAUD malah menciptakan sebuah bentuk rumah yang tergabung datu sama lain sebagai sistem pendukungnya. Pada bagian bawah bentuk rumah yang mengarah ke langit, terdapat sebuah kotak kaca yang bermanfaat untuk melenyapkan kebutuhan struktural elemen lainnya.

Pada bagian dalam, rancangan rumah yang miring ata condong kea rah bawah tersebut member kemungkinan adanya penambahan luas lantai. Ruang tamu dan teras diletakkan di atas dan langsung menghadap sinar matahari yang masuk dari atas.

Sementara itu pada bagian luar, PRAUD membuat setiap permukaan yang ada menjadi sebagai anggota dari satu kotak tunggal dengan memanfaatkan seng sebagai pembungkus keseluruhan bangunan. Garis miring secara keseluruhan terus meneruslah yang membantu meningkatkan keterbacaan hunian terhadap medan bergelombang.

“Rumah bersandar ini merupakan tipe rumah kantor yang didirikan di atas lahan yang meiliki luas 482 meter persegi. Bahan dasar huan ini didomionasi oleh kayu IPE dan juga seng

Sumber : kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita