67 Jum'at, 19 September 2014 | 18:08:41

Hongkong Membangun 7 Jalur MRT Baru

Hongkong Membangun 7 Jalur MRT Baru virtual touris

Hong Kong pantas diacungi jempol untuk persoalan penyediaan transportasi umum. Bekas jajahan Inggris itu telah mengoperasikan kereta bawah tanah (mass rapit transit atau MRT) semenjak tahun 1973 yang dinaungi oleh Mass Transit Railway Corporation. Jalurnya pun terus berkembang hingga ada 11 rute, jalur tersebut sudah termasuk rute menuju themepark resort Disneyland.

Meskipun jalur yang ada sudah banyak, namun dirasa belum cukup. Pemerintah Hongkong memberitahukan ada tujuh rute baru yang akan dibangun untuk menghubungkan wilayah-wilayah di pinggiran yang diperkirakan akan menjadi daerah pemukiman padat. Untuk dananya telah diperkirakan anak menghabiskan dana sebesar 110 miliar dolar Hong Kong atau sekitar Rp 170 triliun rupiah.

Dengan bertambahnya rute tersebut maka jalur kereta di Hong Kong akan mengalami kenaikan 38 persen atau 300 km lebih. Rute anyar tersebut direncanakan dapat berfungsi pada tahun 2031. Pada saat itu penumpang kereta akan mencapai 50 persen dari jumlah penumpang kereta yang memanfaatkan transportasi umum. Kini jaringan kereta baru mencapai angka 40 persen dari jumlah transportasi umum di kota ini. Dengan jumlah penumpang lebih dari 4,5 juta orang per harinya.

Tambahan rute tersebut diharapkan mampu memberi laba ekonomi tahunan terhadap kota. Kira –kira sebesar 3 sampai 4,5 miliar dolar Hong Kong atau sekitar RP 4,6 sampai 7 triliun.

Pembangunan jaringan baru tersebut guna menyokong rencana pemerintah membangun tempat tinggal di pinggiran kota. Ini merupakan intervensi pemerintah dalam mengontrol pasar rumah sebab harga rumah di pusat kota semakin melambung.

“Rute jalan di Hong Kong terbatas, kita menghadapi persoalan tersebut dengan memfasilitasi angkutan umum yang efisien bagi masyarakat, untuk 20 juta orang per harinya,” ucap Anthony Cheung Sekretaris Kota Bidang Transportasi dan Perumahan, pada Rabu kemarin (17/9/14).

Sumber : Housing Estate

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita