343 Kamis, 18 September 2014 | 18:38:43

Rekor Bangunan Tertinggi Dunia Akan Dipegang Kingdom Tower

Rekor Bangunan Tertinggi Dunia Akan Dipegang Kingdom Towerconstruction week

Rekor gedung pencakar langit tertinggi yang dipegang oleh Burj Khalifah di Dubai, Uni Emirat Arab, akan dipecahkan oleh proyek Kingdom Tower. Proyek tersebut akan dibangun oleh Jeddah Economic Company di Arab Saudi.

Ketinggian dari gedung Burj Khalifah adalah 828 meter, sementara itu Kingdom Tower didesain menagkasa dengan ketinggian 1 kilometer atau 1000 meter.

Alasan yang membuat Jeddah Economic Company merasa yakin dengan hal tersebut adalah, saat ini pembangunan pondasi atau elemen dasar dan struktur bawah tanah (subterranean) telah selesai dikerjakan. Tahap berikutnya yang harus dikerjaka adalah membangun tingkat struktur bagian atas.

“Kami telah merampungkan pekerjaan bawah tanah. Saat ini kami sedang beridir di atasnya. Kami akan menggunakan peralatan, metode, dan bahan konstruksi terbaik. Kerja kontraktor kami yaitu Liebherr dan WOLFFKRAN sangat inovatif dan mengesankan,” Ucap Mounib Hammoud, selaku CEO Jeddah Economic Company.

Jumlah crane yang digunakan oleh Liebherr dan WOLFFKRAN sebanyak 6 buah. Salah satunya adalah crane tipe 357 HC-L, yang mampu mengangkat beban seberat 18 ton dengan kecepatan 44 meter per menit.

Dengan selesainya pembangunan tahap pondasi, pembagunan struktur lantai di atasnya, akan dilaksanakan September ini. Dengan harapan 10 lantai pertama akan selesai sebelum desember 2014.

Kingdom Tower didesain setinggi 1000 meter yang terdiri dari 170 lantai. Tujuh lantai pada bangunan tersebut digunakan sebagai hotel bintang lima yang dikelola oleh jaringan luar negeri Four Season. Hotel tersebut akan terdiri dari 121 unit apartemen servis dan 200 kamar mewah.

Untuk tujuh lantai lainnya akan digunakan sebagai perkantoran. Tidak hanya itu, 61 lantai gedung akan di okupasi oleh apartemen sebanyak 318 unit yang juga melengkapi dari bangunan Kingdom Tower tersebut.

Fasilitas-fasilitas yang melengkapi antaralain adalah spa, pusat kebugaran, restoran dan kafe, serta dua lobi dan dek pemantau tertinggi di dunia yang berada 644 meter dari dasar bumi.

Sumber : kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita