243 Rabu, 17 September 2014 | 16:58:56

Referendum Skotlandia Memicu Texas Untuk Merdeka

Referendum Skotlandia Memicu Texas Untuk Merdekapaisley

Referendum kemerdekaan Skotlandia dari Negara Inggris. Merupakan pemicu salah satu negara bagian Amerika Serikat untuk melakukan hal serupa, negara bagian yang di maksud tersebut adalah Texas.

“Jika Skotlandia saja mampu melakukan hal tersebut, kami rasa begitu juga dengan Texas,” Ungkap Daniel Miller, selaku ketua Gerakan Nasionalis Texas, pada hari Rabu (17/9/2014) kemarin.
 
Referendum Skotlandia yang akan berlangsung pada tanggal 18 September 2014 esok, merupakan pertanda baik untuk gerakannya. Ia mengharapkan badan legislatif negara bagian tersebut, akan membahas persoalan pemisahan melalui voting atau pemungutan suara.

Texas sebagai negara bagian penghasil ternak dan minyak itu akan menjadi negara dengan kekuatan ekonomi terbesar ke 12 di dunia, dibandingkan dengan Spanyol ataupun Meksiko, Texas masih memiliki penghasilan yang lebih besar. Miller bersama perkumpulannya telah menyuarakan pemisahan tersebut sejak tahun 1990-an akhir.

Menurut survey yang dilakukan pada januari 2013 oleh Public Policy Polling, tercatat dengan jumlah penduduk 27 juta orang ada sekitar 67 persen suara menentang. Sedangkan 20 persen pemilik hak suara lainnya menyatakan akan mendukung pemisahan tersebut, dengan alasan karena terpilihnya kembali presiden Barack Obama.

Selain Hawai, Texas adalah salah satu dari dua negara bagian Amerika Serikat yang telah memperoleh pengakuan secara internasional sebagai negara berdaulat, sebagai negara yang memiliki hubungan diplomatik sangat baik dengan negara-negara lainnya.

Sumber : republika online

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita