37 Selasa, 16 September 2014 | 14:09:53

Menghuni Pondok Portabel yang Ramah Lingkungan

Menghuni Pondok Portabel yang Ramah Lingkungantribunnews

Moxon, seorang arsitek asal Inggris ini berhasil mengembangkan pondok “potable” atau yang dikenal sebagai seri off-grid cabin. Keutamaan pondok tersebut adalah dapat memindah-mindahkan lokasi hunian.

Kabin portable tersebut diyakini mampu memberikan solusi sebagai hunian yang ramah lingkungan saat ini. Di mana kondisi yang terjadi kini adalah terbatasnya lahan serta tingginya harga jual lahan, merupakan salah satu problematika yang dihadapi bagi seseorang yang mendambakan memiliki sebuah tempat tinggal yang ramah lingkungan.

Dalam prosesnya, perusahaan bekerja secara terbuka merancang struktur bangunan agar dapat menyatukan penghuni pondok dengan lingkungan alami di sekitarnya.

Pondok ini di desain sebagai klaster kecil yang mudah dipindah-pindahkan sesuai dengan keinginan pemiliknya, dan harapan perancang lainnya adalah pondok “portable” dapat memberikan suasanan yang hangat dan nyaman bagi si penghuni.

Agar pemilik pondok tetap mendapatkan kebebasan pribadi, maka penempatan jendela diletakkan dengan cermat pada posisi yang baik, agar cahaya yang masuk melalui jendela dapat menjangkau setiap sudut ruangan di dalam pondok dan memberikan pencahayaan yang alami pada siang hari. Pada lantai atas dan lantai loteng bangunan tersebut arsitek menempatkan tempat tidur untuk si penghuni.

Diikut sertakannya program budaya tidak hanya dilakukan oleh Moron, namun perusahaan juga terlibat dalam hal tersebut agar memberikan kesempatan kepada perancang dalam berkreasi pada pembangunan struktur pondok.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita