262 Selasa, 16 September 2014 | 12:18:10

Wujudkan Mimpi Menghuni Rumah Star Wars

Wujudkan Mimpi Menghuni Rumah Star Warskompas

Desain sebuah rumah bisa diilhami dari mana saja dan kapan saja. Dapat melalui khayalan, mimpi, kenangan bahkan hadir dari sebuah film.

Perusahaan arsitektur ternama di Korea Selatan, Moon Hoon baru-baru ini mendirikan sebuah bangunan yang dinamakan “Starwars House”.  Hunian yang didirikan di wilayah Korea Selatan ini, dibangun berdasarkan inspirasi dari sebuah film ruang angkasa yang fenomenal yaitu Star Wars.

Secara bentuk, artikulasi fasad,maupun suasana ruangan pada bangunan yang memberi kesan menyenangkan, memang menggambarkan dengan jelas bahwa desainer bangunan ini terilhami oleh film “perang bintang” tersebut.

Starwars House mempunyai dinding yang miring di sekelilingnya serta jejak bangunan yang kecil, bangunan tersebut berdiri di atas rerumputan besar dengan volume bangunan yang tidak teratur. Dek kayu yang melapisi dua sisi bangunan semakin membuat bangunan yang memiliki luas 50,67 meter persegi ini berkesan elegan.

Rumah yang secara keseluruhan dibangun pada sebidang tanah seluas 451 meter persegi dan dengan tinggi bangunan 10,2 meter ini, mempunyai tiga lantai didalamnya.

Dua lantai pertama menampilkan secara gamblang bentuk dan tata letak rumah. Sedangkan pada lantai atasnya terdapat area bermain terbuka untuk anak-anak. Jendela yang memiliki bentuk horizontal bermanfaat untuk membuka sudut rumah bagian timur. Selain itu sebuah atrium sentral juga dibangun agar sinar matahari dapat menjelajahi isi rumah dan memenuhi ruang interior.

Pemilik mempunyai alasan tersendiri dalam membangun rumah tersebut, yaitu sebagai cerminan pergerakan keluarga muda yang berlaih dari hunian apartemen ke sebuah rumah di Korea.

Tidak hanya itu, Starwars House ini sungguh-sungguh mewujudkan keinginan si empunya rumah dengan disediakannya ruangan bermain untuk anak. Selain itu rumah tersebut merupakan realisasi impian si pemilik rumah ketika masih kecil, yang bercita-cita menjadi seorang astronot.

Pada lantai atas terdapat pintu geser serta sebuah ruangan rahasia. Dengan dinding berpola unik yang memberikan pemandangan menakjubkan, pemilik menyembunyikan ruangan rahasia tersebut.

Arsitek dari Moon Hoon itu memberi gambaran bahwa ruang pada lantai atas tersebut merupakan sebuah ruang kontrol masa depan untuk Jedi atau Darth Vader. Starwars House ini sendiri telah rampung dibangun pada Januari 2013.

Sumber : Kompas.

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita