86 Senin, 15 September 2014 | 16:20:49

Gedung Pengontrol Air yang Unik dan Ramah Lingkungan

Gedung Pengontrol Air yang Unik dan Ramah Lingkungane architect

Kanal atau pintu air di bendungan pada umumnya di sertai dengan bangunan pengatur air. Akan tetapi, bentuk dan bangunannya sangat biasa saja. Lain halnya jika anda berkunjung ke Belanda dan perbatasan Belgia, anda akan menemukan gedung unik khusus pengontrol air.

Bangunan tersebut di rancang oleh Wiel Arets. Dia telah merampungkan bangunan besar untuk mengatur siklus air pada kanal dan bendungan yang berada di dekat sungai Meuse.

Sungai yang tak biasa itu terhubung oleh wilayah Perancis, Luxembourg dan Jerman namun masih memiliki fungsi yang sama seperti sungai kebanyakan lainnya. Sungai tersebut di gunakan secara terus menerus oleh kapal muatan yang berlayar ke seluruh daerah.  

Gedung yang memilik bentuk melengkung ini, di bangun berdasarkan kebutuhan untuk penataan kembali pusat kontrol, yang pada awalnya terpisah kini menjadi satu sentral pengaturan tunggal. Agar dari dalam ruangan tetap dapat melihat pemandangan dataran sekitarnya dengan jelas, maka Wiel Arets menaikkan bentuk poligonalnya.

Bangunan tersebut memiliki dua lantai utama, lantai bawah terdapat kolam reflektif yang dibelah oleh dua jalan setapak. Jalan setapak yang satu mengajak pengunjung ke arah pintu masuk, sedangkan setapak lainnya dengan struktur yang menurun merupakan jalan menuju ruang bawah tanah. Untuk lantai atas sendiri adalah sebuah ruangan kantor yang diberi lapisan berpola titik-titik.

Pada sisi bawah bangunan, terdapat material kaca silkscreened berwarna hitam, yang mempertegas pencahayaan natural yang memancar dari zona berair. Ketika musim salju berlangsung, kolam air tersebut beralih fungsi menjadi arena ice skating.

Guna meyakinkan kecukupan jumlah cahaya yang terserap ke dalam bangunan, maka dibuatlah lapisan kaca mengilap. Kantor pekerja dan area pendukung yang tidak menyatu, dihubungkan di atrium oleh elevator dan du tangga. Pada atap gedung terdapat teras yang memanjang untuk memberikan panorama keseluruh sungai yang mengalir dan juga pemandangan sekitar gedung.

Sumber : kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita