284 Jum'at, 12 September 2014 | 19:11:29

Lukisan Dinding yang Mempesona dari Suku Ndebele Afrika.

Lukisan Dinding yang Mempesona dari Suku Ndebele Afrika.Google Image

Di Afrika Selatan dan Zimbabwe terdapat sekolompok etnis yang tinggal di daerah tersebut dan dikenal sebagai suku Ndebele. Suku tersebut dikenal dengan kemampuan seni mereka, terutama yang berkaitan dengan pengecatan warna warni pada rumah. Hanya sedikit orang yang mengetahui bahwa Ndebele berasal dari suku Nguni, yaitu suku yang mendiami hampir 75 persen dari penduduk kulit gelap di Afrika Selatan.

Diperkirakan pada abad ke 16 Ndebele telah berpindah dari wilayah Natal, Transvaal menuju Pretoria dan menetap di sekitar Pretoria. Namun seiring waktu, permusuhan yang kerpa terjadi dantara keluara menyebabkan beberapa kelompok suku Ndebele pergi menjauh ke Zimbabwe Utara. Mana dan Ndzundza adalah kelompok etnis Ndebele terakhir yang mengembangkan desain rumah dengan gambaran abstrak dan mendapat pengakuan secara keseluruhan sebagai Ndebele dari Selatan Afrika.

Perkawinan antar suku kerap kali terjadi, hal tersebut disebabkan orang-orang Ndeble tersohor sebagai prajurit tangguh yang acap kali membuat kelompok etnis lainnya tunduk. Persoalaan tersebutlah yang menjadi sebab terjadinya asimilasi dalam kelompok Ndebele. Beberapa sumber berpendapat, Ndebele mengalami puncak kekalahan sebelum awal abad dua puluh dalam peperangan melawan para penghuni berbahasa belanda yang dikenal dengan sebutan Boer.

Semenjak hidup di dalam tekanan suku Boer, simbol-simbol ekspresif mulai di gunakan secara diam-diam oleh suku Ndebele untuk menjalin komunikasi antar sesama. Coretan-coretan yang terlukis pada dinding rumah menjadi media mereka untuk berbicara. Berhubung para petani Boer tidak memahami arti dari lukisan tersebut, dan menganggap budaya itu hanyalah bersifat hiasan dinding dan tidak berbahaya, maka hingga kini masyarakat Ndebele pun tetap melanjutkan seni tersebut.

Seperti yang diungkapkan amusingplanet, bahwa lukisan-lukisan tembok itu selalu digambar oleh kaum perempuan. Para ibu lah yang telah menurunkan gaya dan Tradisi ini dari satu generasi ke generasi lainnya. Tanggung jawab seorang ibu adalah membuat lukisan di area gerbang luar, dinding samping, dinding depan, beserta interior rumah. Seni lukis dinding suku Ndebele ini telah mengalami perkembangan dan berevolusi selama beberapa tahun, dan mulai menunjukan adanya pengaruh luar. Salah satu buktinya adalah terdapat logo BMW berukuran besar yang tergambar si sebuah rumah.

Salah satu tempat terbaik untuk melihat coretan tembok ini adalah Mapoch, sebuah daerah yang terletak kurang lebih 40km di wilayah Pretoria barat. Selain itu terdapat juga desa Mpumalanga sebuah desa Ndebele lainnya yang patut dikunjungi. Desa tersebut terletak di bagian timur Afrika, utara Kwazulu-Natal dan besebelahan dengan Mozambik dan Swaziland

Sumber : Merdeka.

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita