235 Senin, 08 September 2014 | 17:20:53

Rumah nyaman di segala cuaca

Rumah nyaman di segala cuacaedition.cnn

Sebuah rumah unik di Iran, bernama Transforming Sharifi-ha House di Teheran, Iran. Rumah tersebut bisa berputar berputar demi mendapatkan kehangatan matahari ketika musim dingin atau menghalau panasnya matahari.

Rumah tersebut memiliki berbagai sentuhan kemewahan, seperti kolam renang, tempat fitness dan bioskop pribadi. Mansion ini terdiri dari tujuh lantai dan terdapat tiga blok yang bisa berputar 90 derajat sehingga merubah bentuk rumah dari ruangan tertutup menjadi ruang terbuka dengan eksterior.

Tim Arsitek dari Next Office yang membuat bangunan ini berkilah bahwa rumah tersebut dibangun kebutuhan cuaca dibandingkan untuk kemewahan. Temperatur di negara Iran bisa mencapi lebih dari 40 derajat Celcius dan bisa turun sampai dibawah titik beku.

Untuk mengoperasikannya hanya dengan menekan sebuah tombol. Ketika berada dalam "open mode" tiga blok akan berputar menghadap ke arah matahari, hal ini membuat juga teras di setiap lantainya. Sedangkan dalam "Closed mode" menyembunyikan jendela sehingga rumah lebih hangat ketika musim dingin.

Desain ini menurut Alireza Taghaboni, tim leader dari Next Office terinspirasi dari rumah Iran. Dinamakan Sharifi-ha menunjuk kepada pemilik rumahnya, yaitu sharif. Mereka mengklaim tidak ada masalah dalam teknologi pemutar kamar tersebut. Sebab sistem mekanik pemutar sudah sering digunakan di kasus lain. Seperti pemutar platform untuk mobil di berbagai showroom.

Desain rumah ini telah mendapatkan nominasi dalam World Architecture Festival Awards. Akan melawan berbagai rumah unik lainnya seperti Rumah bergaya pot rumah di Vietnam, Rumah tahan badai kencang di Australia, Dan rumah ramah lingkungan di Meksiko. Festival ini akan diselenggarakan pada Oktober nanti di Singapura.

Sumber : CNN

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita