210 Kamis, 04 September 2014 | 11:30:27

Apartemen Unik Dari Gudang Jagung

Apartemen Unik Dari Gudang JagungInhabitat

Dengan ketinggian lebih dari 60 meter, bangunan ini menjadi yang tertinggi di Nordhavn, Copenhagen, Denmark, sekaligus menjadi ikon daerah setempat. Bangunan setara dengan gedung setinggi 17 lantai ini adalah gudang jagung yang tidak digunakan lagi dan kini sedang dirancang oleh biro arsitek COBE untuk dialihfungsikan sebagai apartemen. Pemerintah Copenhagen tengah merevitalisasi Nordhavn, area pelabuhan di ibukota Denmark itu. Area itu akan diubah menjadi waterfront multifungsi dan modern. Fasilitas dan rancangan modern itu akan tampak sejajar dengan beberapa bangunan industri dan gudang kuno yang tetap dipertahankan.

Area pembangunan Nordhavn diprediksi seluas 100 ha untuk dihuni sampai 40.000 orang. Pengembang tahap pertama, Arhusgade Quarter, merangkum 165.000 meter persegi residensial dan 140.000 meter persegi ruang komersial, telah dimulai sejak 2012 lalu dan dapat dihuni tahun ini. Tahap kedua, seluas 200.000 meter persegi akan dilanjutkan tahun 2018. Proyek COBE yang bertajuk The Silo, mengacu pada fungsi dan bentuk bangunannya, itu merupakan bagian dari pembangunan tahap pertama.

The Silo seluas 8.500 meter persegi terdiri dari 40 unit apartemen unik. Hal itu disebabkan, tim arsitek ini menilai, unit-unit tersebut memiliki interior berbeda. Ini merupakan hasil dipertahankannya struktur utama gedung termasuk beberapa kolom besar di dalam bangunan.

Dengan ketinggian langit-langit yang mencapai delapan meter, unit terkecilnya memiliki ukuran 80 meter persegi. Dan yang terbesar dan didesain sebagai penthouse di lantai teratas, luasnya mencapai 800 meter persegi. Proyek tersebut direncanakan selesai pada 2016 mendatang.

Konsep arsitektural dari transformasi ini mengacu pada potensi asli kawasan. Ini menciptakan karakter silo yang berbeda dan lebih menarik. “Gudang seperti dibungkus oleh fasade baru yang bisa meningkatkan tampilan sebuah industrial building ke standar masa kini,” terang Dan Stubbergaard, pendiri dan Direktur Kreatif COBE.

Interior silo dipertahankan sebanyak mungkin, contohnya dinding dan kolom, juga elemen industrial architecture. Selain tampilan apartemen yang unik dan ultra-modern, penghuni juga tidak kehilangan jejak sejarah gedung ini. Apartemen ini akan dilengkapi ruang multiguna dan restoran, yang terletak di lantai dasar dan bagian atap.

 

Sumber: Inhabitat, Silo

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita