127 Selasa, 02 September 2014 | 15:08:55

Booming Hotel Dubai Akan Tetap Berlanjut

Booming Hotel Dubai Akan Tetap Berlanjutdesignhome

Ledakan pertumbuhan hotel di Dubai, Uni Emirat Arab, ternyata masih akan berlanjut. Hal tersebut ditandai dengan pertumbuhan penjualan sebesar 10,9 persen selama semester I 2014. Dalam paruh waktu tahun 2014 ini, kinerja penjualan dari jumlah 634 hotel dengan 88.680 kamar tercatat mencapai 3,18 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 37,1 triliun.

Di saat yang bersamaan menurut TOPHOTELPROJECTS, Dubai juga sedang membangun 77 hotel baru di dalam pipa pembangunan.

TOPHOTELPROJECTS menyatakan, pertumbuhan penjualan tersebut didorong kian banyaknya wisatawan keluarga yang datang ke Dubai. Dalam enam bulan pertama saja ada 5,8 juta pengunjung yang menginap di hotel-hotel Dubai. Sedangkan, tahun lalu, totalnya sekitar 11 juta orang. Mereka mengunjungi tempat-tempat wisata menarik seperti Burj Khalifa yang merupakan gedung tertinggi di dunia.

Para turis itu berasal dari sepuluh pasar yang menjadi sumber paling penting untuk industri pariwisata Dubai, yakni Arab Saudi, India, Inggris, Amerika Serikat, Rusia, Tiongkok, Iran, Oman, Kuwait, serta Jerman. Mereka menginap di hotel selama rerata 3,9 hari.

Selain itu, berdasarkan hasil riset STR Global, pendapatan per kamar tersedia atau revenue per available room (RevPAR) perhotelan Dubai naik 2,8 persen menjadi rerata 950 dirham atau setara dengan Rp 2,9 juta per kamar.

Pertumbuhan RevPAR itu didorong oleh tingkat kebutuhan yang hampir melampaui pasokan. Kebutuhan meningkat 6,2 persen, sementara pasokan baru hanya 7,4 persen. Tarif kamar harian atau average daily room (ADR) juga bergerak positif sebesar rerata 1.089 dirham atau senilai Rp 3,3 juta per malam.

Ledakan sektor perhotelan diproyeksikan akan tetap berlanjut, berbarengan target Pemerintah Dubai menjaring sekitar 20 juta turis per tahun. Target itu didukung pembangunan 30 hotel dan apartemen baru dengan total 7.000 tempat tidur, dan acara-acara akbar, seperti konser juga festival.

 

 

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita