150 Kamis, 28 Agustus 2014 | 13:22:58

Australia: 4 Kota Paling Layak Huni

Australia: 4 Kota Paling Layak HuniTumblr

The Economist Intelligence Unit atau biasa disebut EIU kembali mengeluarkan hasil penelitiannya ke khalayak ramai mengenai kota yang tidak hanya paling nyaman, namun juga paling layak huni di dunia. Yang menarik dari daftar yang baru dikeluarkan ini adalah, dari 10 kota yang terpilih, empat diantaranya berasal dari Australian.

Australia mendominasi daftar tersebut dengan kota-kota terbaiknya, yaitu Melbourne, Adelaide, Sydney, dan Perth. Menurut perushaan riset terkemuka tersebut, indikator penilaiannya termasuk penilaian infrastruktur, keamanan, stabilitas politik, pendidikan, hingga ke kesehatan. Kota-kota yang memenuhi indikator tersebut umumnya berasal dari negara-negara kaya dengan jumlah penduduk yang tidak begitu banyak.

Lingkungan dengan indikator positif tersebut terbukti mendorong berbagai kegiatan rekreasi tanpa adanya peningkatan pada tingkat kejahatan maupun infrastruktur yang terbebani. Selain empat kota asal Australia tadi, kota-kota nyaman lain dalam daftar tersebut berasal dari Kanada dengan kepadatan populasi sebesar 3.40 jiwa per kilometer perseginya.

Selain Australia dan Kanada, kota-kota lainnya berasal dari Finlandia dan Selandia Baru, yang juga memiliki jumlah penduduk yang tidak begitu banyak, yakni hanya 16 jiwa per kilometer perseginya. Padahal, angka rata-rata global untuk populasi di seluruh dunia mencapai 46,65 jiwa per kilometer persegi.

Keenam kota lain selain kota-kota asal Australia yang masuk ke daftar adalah Wina, Vancouver, Toronto, Calgary, Helsinki, dan Auckland. Dibawah ini adalah ulasan mengapa empat kota asal Australia tersebut memenangkan gelar kota ternyaman dan terlayak huni sedunia.

Melbourne
Melbourne mendapatkan skor tertinggi dalam indikator EIU untuk kota ternyaman dan terlayak huni, yaitu 100 poin untuk pendidikan, 100 poin untuk kesehatan, 100 poin untuk infrastruktur, dan 95 poin  untuk keamanan dan stabilitas politik.

Adelaide
Selain Melbourne, Adelaide juga merupakan kota dengan skor pendidikan dan kesehatan yang sempurna, yaitu 100 poin.

Sydney
Ibukota negara bagian New South Wales ini unggul di bidang infrastruktur dan pendidikan dengan 42 persen pekerja dan pebisnis jasa keuangan yang berbasis di kota ini.

Perth
Perth unggu di bidang pendidikan, infrastruktur, dan juga kesehatan dengan masing-masing skor sebesar 100 poin.

 

Sumber: Business Insider dan Economist

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita