394 Rabu, 27 Agustus 2014 | 10:15:46

Keistimewaan Singapura Memikat Investor Asing

Keistimewaan Singapura Memikat Investor AsingKompas

Singapura adalah negara kota yang menarik. Walau termasuk dalam negara kecil dalam ukuran wilayahnya, negara tersebut seolah tidak henti menawarkan inovasi dalam bermacam-macam hal. Oleh sebab itu, tidak heran bila Singapura juga merupakan salah satu tujuan investasi menarik bagi para investor asing, termasuk para investor asal Indonesia. Tetapi, apa alasan sesungguhnya di balik fenomena tersebut?

Teddy yang merupakan Team Leader Property Sales Far East Organization menilai, Singapura menawarkan iklim investasi yang menarik dan beberapa poin penting lainnya yang dapat menarik investor asing menanamkan modalnya.

"Di Singapura, tidak ada pajak penambahan aset. Tidak ada pajak pewarisan. Kepemilikan asing diakui pemerintah. Warga negara asing bisa mendapatkan pinjaman bank hingga 70 persen. Bunga pinjaman bank di bawah dua persen. Peraturan penjualan propertinya pun transparan," terang Teddy kepada Kompas.com, Selasa (26/8/2014).

Sedangkan, Ali Tranghada selaku Direktur Eksekutif IPW menyatakan, bahwa ada dua alasan mengapa Singapura menarik di mata investor Indonesia. Pertama, posisi Singapura terletak dekat dengan Indonesia. Kedua, perizinan di Singapura pun lebih jelas dan terjamin.

"Dalam jangka panjang, Singapura lebih menguntungkan ketimbang, misalnya, Australia. Karena kedekatan dan stabilitas. Karena itu, Singapura akan memanfaatkan pasar Indonesia. Karena di Indonesia banyak orang kaya," lanjut Ali.

Tetapi, Ali juga tidak menutup kemungkinan bahwa investor Indonesia dapat menunjuk negara lain sebagai tujuan investasi. Bila pasar sudah jenuh, Ali menganggap bahwa para investor akan melihat negara terdekat lainnya.

Sebelumnya diberitahukan bahwa properti Singapura sangat diminati oleh para pembeli asing, termasuk mereka yang berasal dari Indonesia. Tidak main-main, konsumen asal Indonesia adalah pembeli properti Singapura terbanyak. Termasuk produk townhouse yang dikembangkan Far East Organization.

 

 

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita