227 Selasa, 26 Agustus 2014 | 15:33:46

Akhirnya, Gedung Walkie Talkie Dilapisi Kerai Aluminium

Akhirnya, Gedung Walkie Talkie Dilapisi Kerai Aluminiumbloomberg

Apakah Anda masih ingat dengan insiden langka waktu mobil Jaguar meleleh? Diketahui, saat itu mobil tersebut terkena refleksi panas sinar matahari dari gedung Walkie Talkie di London, Inggris. Saat ini, gedung itu sudah dilapisi "kerai" raksasa yang berfungsi menjinakkan silau akibat pantulan panas cahaya matahari pada panel kaca. Kerai berupa sirip aluminium ini dipasang di seluruh sisi selatan menara yang memiliki ketinggian 152,4 meter tersebut.

Solusi permanen itu sudah mendapat persetujuan dari Pemerintah kota London pada bulan April 2014 lalu. Karena saat musim panas, pantulan cahaya matahari dari panel kaca gedung menjadi enam kali lebih kuat dari sinar matahari sendiri. Selama masa konstruksi gedung yang terletak di 20 Fenchurch Street ini suhunya naik menjadi 110 derajat celsius.

Suhu panas ini mampu menggoreng telur di jalan-jalan di bawah gedung, melelehkan badan kendaraan, merusak kaca spion dan memudarkan cat mobil yang diparkir di sisi selatan distrik keuangan tersebut.

Land Securities dan Canary Wharf Group selaku pengembang, menyediakan 10 juta poundsterling atau setara Rp 193 miliar untuk memblokir sinar matahari di lantai 3 hingga 34  gedung.

Sebelumnya diketahui sebagian badan mobil Jaguar milik Martin Lindsay, rusak berat. Martin memarkir mobilnya dekat dengan pencakar langit Walkie Talkie. Sekitar dua jam kemudian ia kembali dan menyaksikan beberapa bagian mobilnya, contohnya kaca spion dan logo Jaguar, meleleh.

"Kaca spion, panel dan logo jaguar, semuanya meleleh. Anda tidak bisa percaya hal seperti ini akan terjadi. Pengembang gedung harus melakukan sesuatu. Ini bisa berbahaya. Bayangkan jika matahari terefleksi pada bagian yang salah dari tubuh kita," ungkap Martin.

Kekesalan Martin, ternyata lekas direspon Land Securities and Canary Wharf Group. Mereka meminta maaf dan membayar padanya sebesar 946 poundsterling atau setara dengan Rp 16,09 juta untuk ganti rugi.

 

 

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita