195 Jum'at, 22 Agustus 2014 | 13:29:22

Tiongkok Kembali Dirikan Pencakar Langit Ikonik

Tiongkok Kembali Dirikan Pencakar Langit Ikonikdesignboom

Tiongkok kembali bertekad untuk menuliskan sejarah dengan mendirikan gedung-gedung ikonik. Yang terbaru yaitu pencakar langit yang terletak di Guangzhou, ibukota Provinsi Guangdong. Kota terbesar ketiga Tiongkok ini akan memperbanyak koleksi gedung tingginya sekaligus tengara ikonik bernama Window of Guangzhou. Gedung itu dibangun oleh China Communications Construction Company (CCCC), sebuah badan usaha milik negara dengan konstruksi finansial terkokoh.

CCCC memilih Atkins sebagai konsultan arsitektur yang tugasnya merancang konsep serta desain. Penandatanganan kerjasama strategis global antara Atkins dan CCCC, itu dilaksanakan April 2014 lalu.

Window of Guangzhou memiliki tiga bangunan yang berdiri terpisah dengan kegunaan untuk residensial dan perkantoran bagi kelas atas. Hal menarik dari rancangan "jendela Guangzhou" tersebut ialah dua gedung di antaranya terlihat seperti jendela mengambang. Sedangkan satu gedung lainnya memiliki tinggi 208 meter.

Dari kejauhan, tampilan proyek multifungsi ini seperti angka "001" yang menunjukkan bahwa Guangzhou sebagai kota pertama Tiongkok yang terbuka bagi perdagangan internasional. Lebih lanjut, angka tersebut juga melambangkan kejayaan kota ini sebagai pelabuhan untuk jalur sutra kuno pada masa dinasti kerajaan sebelum adanya revitalisasi pada tahun 1970.

Shu Guang selaku Direktur proyek CCCC menyatakan, konsep desain Atkins memperlihatkan pentingnya Guangzhou yang merupakan pintu gerbang dunia ke Tiongkok. Gedung berbentuk jendela mempublikasikan image Tiongkok sebagai lokasi penting dalam aktivitas bisnis ekspor dan impor.

KY Cheung, Direktur Desain Senior Atkins, mengimbuhkan, desain jendela menambah dampak visual yang dramatis, memastikan bahwa pemandangan Sungai Zhujiang dimanfaatkan untuk penghuni dan penduduk di sekitar proyek.

"Kami memasukkan prinsip-prinsip desain arsitektur hijau seperti panel surya dan aliran udara melalui bangunan untuk menyediakan tempat berlindung dari matahari dan hujan yang kerap terjadi di Tiongkok Selatan," kata Cheung.

Guangzhou menjadi kota tuan rumah China Impor and Export Fair, yang digelar setiap tahun sejak 1957 dan memiliki distribusi luas. Dijadwalkan, Window of Guangzhou usai tahun 2018 mendatang.

 

 

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita