209 Kamis, 21 Agustus 2014 | 15:58:52

Afrika Selatan Batasi Kepemilikan Properti Oleh Pihak Asing

Afrika Selatan Batasi Kepemilikan Properti Oleh Pihak Asingtheculturetrip

Pemerintah Afrika Selatan berniat untuk menerapkan pembatasan investasi asing di sektor properti dengan mencetuskan RUU penyewaan dan melarang pembelian lahan. Menurut Gugile Nkwinti selaku Menteri Pembangunan Pedesaan dan Reformasi Tanah, RUU tersebut akan membatasi masa sewa hingga sebatas 30 tahun. Tetapi RUU tersebut harus melewati proses panjang, dan sesuai peraturan Land Holdings dan kemungkinan akan diajukan ke parlemen pada bulan November 2014 mendatang. Perlu waktu lima tahun untuk menjadi UU seraya rencana pemerintah melakukan audit guna memastikan ras, jenis kelamin dan kebangsaan dari pemilik lahan yang ada saat ini.

Telah lama, Afrika Selatan sudah menarik pembeli dan investor properti mancanegara. Hampir sebanyak 7 persen lahan saat ini dikuasai oleh orang asing. Hal itulah yang menjadi kritikan dari partai oposisi di Parlemen Afrika Selatan. Mereka menganggap partai yang berkuasa dalam Kongres Nasional Afrika tidak memperkenalkan dan melakukan reformasi pertanahan.

Tetapi, pemerintah membantah dengan mengatakan bahwa RUU pembatasan kepemilikan asing diklaim sebagai bagian dari reformasi pertanahan.

Pemerintah pun sudah menerangkan bahwa pemilik tanah asing yang ada saat ini tidak perlu khawatir. "Menerapkan hukum secara retrospektif akan inkonstitusional. Kita tidak bisa bertindak secara sewenang-wenang," ujar Nkwinti.

RUU yang diusulkan akan menjadi cara yang adil untuk memastikan bahwa pasar properti tetap menguntungkan bagi daya beli pembeli lokal. Nkwinti mengimbuhkan, pemerintah akan memakai definisi hukum saat ini yang diterapkan oleh Departemen Dalam Negeri guna menentukan pembeli yang termasuk dalam kategori orang asing.

"Kami tidak perlu menciptakan perangkat hukum baru, kami hanya akan menggunakan definisi tentang apa dan siapa warga negara asing di dalam negeri," lanjutnya.

 

 

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita