140 Senin, 18 Agustus 2014 | 09:57:03

Tiongkok Ciptakan Akuarium Terbesar di Dunia

Tiongkok Ciptakan Akuarium Terbesar di Duniaindonesiarayanews

Melambatnya pergerakan ekonomi, memaksa Tiongkok mengaplikasikan bermacam-macam strategi pembangunan. Salah satunya yaitu mereformasi dan membangun megaproyek di area ekonomi khusus atau KEK Pulau Hengqin. Tiongkok yang sudah menentukan pulau ini sebagai KEK semenjak 2008 lalu akan membangun pusat pendidikan, industri kreatif dan pariwisata, yang dilengkapi dengan taman rekreasi, hotel dan restoran dengan sasaran kelas menengah.

Tetapi, dari semua fitur tersebut, yang paling menarik adalah akuarium raksasa, Chimelong Ocean Kingdom yang miliki tinggi 63 meter dengan volume air 49 juta liter. Tak tanggung-tangguna, untuk merealisasikan mega-akuarium ini, biaya yang diinvestasikan yaitu 5 miliar dollar AS atau senilai Rp 58,5 triliun. Akuarium raksasa ini akan memiliki sertifikat sebagai yang terbesar di dunia serta diakui Guinness World Records.

Chimelong Ocean Kingdom didesain sebagai stimulan untuk para turis yang berasal dari seluruh negara untuk berkunjung ke Pulau Hengqin. Jadi devisa bisa ditingkatkan dari pemasukan sektor pariwisata serta properti ke KEK ini.

Guna menarik minat para investor, pejabat lokal pun tidak ragu melaksanakan reformasi beragam regulasi dan kebijakan juga mengenakan keringanan pajak. "Posisi Hengqin sangat unik dengan keuntungan yang jelas. Pulau ini bertetangga dengan Macau dan Hongkong," ucap Niu Jing selaku Kepala Pemerintah Hengqin.

Niu melanjutkan, populasi Hengqin sebanyak 10.000 orang, akan terus bertambah menjadi sekitar 250.000 orang pada 2020 mendatang. Pertambahan penduduk ini akan diakomodasi dengan pembangunan beberapa blok apartemen.

Selama berjalan sebagai KEK, pulau Hengqin sendiri diketahui sudah menarik minat investasi sebesar Rp 2.922 triliun.

 

 

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita